Breaking News:

Perbaiki Kelembagaan, Pemkab Langkat Gelar Bimtek

Era globalisasi menuntut profesionalisme sumber daya aparatur dalam mengelola manajemen, adminitrasi pemerintah, serta meningkatkan pelayanan publik.

DOK. Humas Pemerintah Kabupaten Langkat
Asisten III Umum Pemkab Langkat Musti Sitepu, dalam Bimtek Penyusunan Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja, dan Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemkab Langkat Tahun Anggaran (TA) 2020, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (23/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Asisten III Umum Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat Musti Sitepu menyatakan, saat ini sumber daya aparatur belum mempunyai kemampuan manajemen teknis dan berintegritas seperti yang diharapkan.

Pendistribusian pegawai juga belum didasarkan pada analisa jabatan dan beban kerja organisasi. Hal tersebut membuat suatu unit mengalami penumpukan pegawai tanpa pekerjaan yang jelas, sedangkan unit lainnya mengalami kekurangan pegawai.

Padalah, era globalisasi yang sarat dengan persaingan menuntut profesionalisme sumber daya aparatur dalam mengelola manajemen, adminitrasi pemerintah, serta meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat.

Maka dari itu, Musti mengatakan, perlu dilakukan perbaikan pada kelembagaan pemerintah pusat maupun daerah. Sebab, salah satu prioritas reformasi birokrasi di bidang organisasi adalah tertatanya kelembagaan dan kepegawaian pada masing-masing intansi di pemerintah daerah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemkab Langkat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja, dan Evaluasi Jabatan di Lingkungan Pemkab Langkat Tahun Anggaran (TA) 2020, di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (23/11/2020)-Selasa (24/11/2020).

“Hal ini untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang baik sesuai arah kebijakan reformasi nasional,” kata Musti, mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana PA, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Kepala Bagian (Kabag) Organisasi Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Langkat Tawar Malem Sembiring menjelaskan, bimtek digelar sesuai Permenpan RB Nomor 1 tahun 2020 tentang Pedoman Analisis Jabatan, serta Permenpan RB Nomor 34 tahun 2011  tentang Pedoman Evaluasi Jabatan.

“Untuk dasar pelaksanan, Surat Keterangan Bupati Langkat Nomor 061.051/14/K/2020 tanggal 24 Juli 2020, tentang Pembentukan Tim Penyusunan Analisa Jabatan, Analisa Beban Kerja, dan Evaluasi Jabatan di jajaran Pemkab Langkat TA 2020,” kata Tawar.

Tawar pada laporannya juga menjelaskan, bimtek bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para penganalisis di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD), serta guna mendapat hasil analisa jabatan, beban kerja, dan evaluasi jabatan sesuai peraturan.

Musti berharap, 65 peserta bimtek yang terdiri dari operator dinas, badan, bagian dan kecamatan se-Kabupaten Langkat bersungguh-sungguh mengikuti jalannya kegiatan yang diisi oleh Kepala Seksi (Kasi) Fasilitasi Kinerja BKN Region VI Medan Eni Nuraini.

“Kegiatan ini sangat penting bagi perencanaan kepegawaian Pemkab Langkat, guna  mewujudkan sumber daya aparatur yang profesional dan berdaya saing tinggi,” pungkasnya.

Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved