Breaking News:

Tabur Benih Ikan di Danau Toba, Dinas Pertanian Samosir Harap Tangkapan Ikan Masyarakat Meningkat

Dinas Pertanian Kabupaten Samosir tabur benih ikan di Pantai Desa Sipinggan Lumban Siantar, Kecamatan Nainggolan.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Penaburan benih ikan di kawasan Danau Toba yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Samosir di Kecamatan Nainggolan pada Jumat (20/11/2020) 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Dinas Pertanian Kabupaten Samosir tabur benih ikan di Pantai Desa Sipinggan Lumban Siantar, Kecamatan Nainggolan.

Diharapkan hal ini bisa meningkatkan produktivitas tangkapan ikan bagi masyarakat nelayan di Samosir.

Dinas Pertanian Samosir melihat bahwa mata pencaharian masyarakat Samosir sebagian besar sebagai nelayan atau penangkap ikan di Danau Toba.

"Itu kita lakukan pada Jumat (20/11/2020) di Desa Sipinggan Lumban Siantar. Ini kita sebut sebagai restocking atau penaburan benih ikan. Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan produktivitas tangkapan ikan bagi para nelayan yang ada di Samosir, secara khusus masyarakat sekitar tempat kita menabur bibit ikan," ujar Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Samosir Junelis Sinaga saat dikonfirmasi pada Selasa (23/11/2020).

Restocking tersebut, sambung dia, dilakukan sekali sebulan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Samosir.

Dari data yang diperoleh dari Dinas Pertanian Kabupaten Samosir, ada beberapa jenis ikan yang ditaburkan di atas Danau Toba, yakni: ikan nila sebanyak 1.036.000 ekor, ikan mas sebanyak 26.700 ekor, ikan tawes sebanyak 86.000 ekor, ihan batak sebanyak 150.000 ekor, ikan nilem sebanyak 22.000 ekor, dan ikan jurung 2000 ekor.

Data ini merupakan data 2016 hingga 2020. Total ikan yang sudah ditaburkan sebanyak 1.323.500 ekor.

"Kegiatan ini kami laksanakan setiap bulannya. Kita juga berharap bahwa hal ini menambah jumlah jenis ikan di Danau Toba," lanjutnya.

Sebelum restocking, pihak Dinas Pertanian Samosir juga menyampaikan imbauan bagi masyarakat terkait pelestarian dan penangkapan ikan di kawasan Danau Toba.

"Kita edukasi masyarakat bahwa tujuan restocking ikan itu apa hingga bagaimana mereka menjaga kelestarian Danau Toba sekaitan dengan ikannya," lanjutnya.

Ia menyampaikan bahwa pihaknya mendapatkan bantuan benih ikan dari Kementerian Perikanan dan Kelautan.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved