Breaking News:

Tumpang Tindih Soal Sampah, DPRD Siantar Minta Semuanya Jadi Tanggung Jawab Satu Dinas

Selain DLHK, instansi lain yang punya wewenang terhadap penanganan sampah adalah Kelurahan, Kecamatan, serta Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
SAMPAH berserakan di Pasar Perluasan, satu pasar terkenal di Kota Pematangsiantar. Tumpukan sampah di beberapa titik ini kerap mengganggu pengendara dan menimbulkan bau tak sedap. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - DPRD Pematangsiantar mengusulkan kepada Pemerintah Kota Pematangsiantar agar penanganan sampah hanya dibebankan tanggungjawabnya kepada satu instansi, yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK). 

Pasalnya hingga kini, persoalan sampah tumpang tindih dengan instansi lain. Selain DLHK, instansi lain yang punya wewenang terhadap penanganan sampah adalah Kelurahan, Kecamatan, serta pihak Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD-PHJ).

Amatan Tribun-Medan.com, tumpukan sampah beberapa titik terlihat di Pasar Dwi Kora Perluasan kerap berserakan.

Bahkan sampah menyebar hingga ke bahu jalan dan menimbulkan bau tak sedap.

Sebagaimana diketahui, petugas kebersihan dari Kelurahan, Kecamatan dan Pasar membuang sampah hanya ke Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS).

Kemudian DLHK yang mengangkutnya hingga ke Tempat Pembungan Akhir (TPA). 

Praktik ini dinilai menimbulkan kurangnya sinergitas dan kerap saling tuding menuding ketika ada tumpukan sampah di tengah lingkungan masyarakat. 

Anggota DPRD Pematangsiantar, Ferry SP Sinamo dari Fraksi PDI Perjuangan menjelaskan, di lapangan koordinasi tidak bisa jalan untuk memastikan kebersihan lingkungan masyarakat atau kota ini.

Namun jika sudah satu atap maka kontrol atau kendali dapat berjalan baik. 

Ferry Sinamo menegaskan, semua yang berkaitan dengan kebersihan seperti aset armada dan pengutipan idealnya satu pintu sehingga kontrol kerjanya dapat dengan mudah dilakukan.

Baca juga: BANJIR BANDANG Terjang Sungai Landak River Bukit Lawang, Sampah Kayu Berserak, Rumah Porak-Poranda

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved