Breaking News:

14 Hari Jelang Pilkada di Sumut

Meski Calon Tunggal, KPU Siantar Tetap Agendakan Debat Publik, Begini Formatnya

KPU Kota Pematangsiantar akan menggelar debat publik kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar pada 2 Desember 2020 mendatang.

TRIBUN-MEDAN.com/Alija Magribi
Pasangan Calon Tunggal Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar Asner Silalahi - dr Susanti Dewayani 

Laporan Wartawan Tribun Medan/Alija Magribi

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pematangsiantar akan menggelar debat publik kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar pada 2 Desember 2020 mendatang.

Debat akan berlangsung di Hotel Aryaduta Medan dan disiarkan langsung televisi negeri, TVRI.

Divisi Sosialisasi KPU Nurbaiyah menyampaikan visi misi calon tunggal Asner Silalahi-Susanti Dewayani akan dipertajam oleh lima panelis yang akan menjadi penguji dalam debat publik.

"Dibagi beberapa segmen. Nantinya pemaparan visi dan misi dari calon akan dipertajam. Akan terjadi dialog dengan panelis. Jadi justru lebih sulit," ujar Nurbayah, Rabu (25/11/2020).

Debat publik akan berlangsung selama dua jam. Itu sebabnya calon tunggal akan menghadapi tes yang lebih sulit.

"Panelis ada lima. Mereka berlatar akademisi dan profesional dari Siantar dan Medan. Kelimanya beragam latar belakang, ada satu Profesor Ekonomi. Kemudian Doktor hukum dan yang lain ada dari kalangan sosial Politik. Ada juga pendeta satu orang," ujar Nurbayah.

Kendati demikian, Nurbayah tak mau menyebutkan asal perguruan tinggi para panelis yang diminta untuk menguji visi-misi Paslon tunggal Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar.

"Saya tidak akan menyebutkan. Yang pasti. Kita berupaya memberikan yang terbaik bagi Kota Pematangsiantar. ayo beramai ramai menonton visi misi debat publik," kata Nurbayah.

Nurbayah menyampaikan, debat publik ini diselenggarakan KPU Pematangsiantar untuk memberikan gambaran kepada masyarakat dalam menentukan pilihannya 9 Desember 2020 mendatang.

"Tujuannya untuk menjadi bahan pertimbangan bagi pemilih sehingga masyarakat bisa menentukan pilihannya," tambahnya.

Nurbayah menjelaskan aturan PKPU Nomor 13 Tahun 2020, penyelenggaraan debat publik akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang melarang adanya kerumunan.

Paslon Tunggal (dua orang) hanya boleh ditemani empat orang. Dua orang dari Bawaslu Pematangsiantar, lima orang komisioner KPu Pematangsiantar dan sejumlah kru TVRI.

"Saksikan nanti siaran langsung tanggal 2 Desember 2020 pukul 16.00 WIB sampai selesai," tutup Nurbayah.

(Alj/tribun-medan.com)

Penulis: Alija Magribi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved