Breaking News:

Pemkab Langkat Berharap Program GTRA Bantu Masyarakat Legalitaskan Kepemilikan Tanah

GTRA diharapkan dapat membantu masyarakat melegalitaskan kepemilikan tanah sesuai peraturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan sengketa.

Dok. Humas Pemkab Langkat
Rakor GTRA Kantor Pertanahan Kabupaten Langkat tahun 2020 di Resto Stabat Seafood, Selasa (24/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Pemerintahan Basrah Pardomoan Siregar berharap, Rapat Koordinasi (Rakor) program Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) dapat membantu masyarakat melegalitaskan kepemilikan tanah, sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dengan kepemilikan tanah legal, tidak menimbulkan sengketa berkepanjangan," katanya mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana PA dalam Rakor GTRA Kantor Pertanahan Kabupaten Langkat tahun 2020 di Resto Stabat Seafood, Selasa (24/11/2020).

Ia melanjutkan tujuan reforma agraria bagi masyarakat adalah meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi bagi masyarakat. Oleh karenanya, Pemkab Langkat pun mendukung penuh kegiatan GTRA ini. 

"Kami berharap, agar tim (Satgas Reforma Agraria) bekerja dengan objektif, adil dan baik serta agar terus berkordinasi dengan intansi pemerintah yang terkait," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Bidang (Kabid) Penataan Pertanahan Kantor Wilayah Provinsi Sumatera Utara, Sarwin menjelaskan, Satgas Reforma Agraria dibentuk sebagai upaya penataan kembali struktur penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan tanah melalui penataan aset.

"Upaya tersebut disertai penataan akses secara legal, dalam mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat," kata Sarwin yang juga hadir di Rakor tersebut seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sarwin menjelaskan, Satgas Reforma Agraria dibentuk untuk fokus memperbarui dan menyelesaikan masalah tanah di daerah yang ditunjuk, dengan tujuan mampu memberdayakan dan memakmurkan masyarakat secara adil.  

"Satgas Reforma Agraria untuk strategi nasional, yakni berkontrtibusi kepada masyarakat dan memecahkan masalah hak kepemilikan tanah di tengah masyarakat," imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor (Kakan) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Langkat, Fachrul Husin Nasution menerangkan, program GTRA dilaksanakan di Desa Padang Langkat dan Desa Pasiran di Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat. 

"Saat ini,  juga telah dibentuk Bank Tanah di Desa yang dipilih oleh tim tersebut," sambung Fachrul.

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved