Breaking News:

Jenazah Covid-19 Sempat Ditolak Masyarakat di Balige, Pemakaman Berlangsung Sesuai Prokes

Jenazah yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Balige, sempat mendapat penolakan dari masyarakat sekitar.

Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Pemakaman jenazah yang terpapar Covid-19 di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, dilakukan sesuai protokol kesehatan dengan menggunakan APD lengkap pada Kamis (26/11/2020) sore. 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Jenazah yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kecamatan Balige, sempat mendapat penolakan dari masyarakat sekitar.

Namun, setelah pihak perangkat desa memberikan edukasi kepada masyarakat, jenazah tersebut akhirnya dimakamkan di pemakaman umum di Kecamatan Balige pada Kamis (26/11/2020).

Terkait penolakan tersebut, Sekretaris Desa Sariraja Janji Maria Jubelson Tampubolon angkat bicara.

Setelah mendengar kabar bahwa jenazah terpapar Covid-19 yang berinisial PT, pihak perangkat desa langsung mengambil kebijakan untuk berkoordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten dan pihak kepolisian.

"Saya selaku Sekdes Sariburaja Janji Maria, pertama kali informasi meninggalnya korban Covid-19 itu sampai pukul 04.00. Pada pukul 06.00 WIB, kami coba koordinasi kepada pemerintah Kabupaten dan Kecamatan bersama Kapolsek untuk kami sosialisasi kepada warga," ujar Jubelson Tampubolon saat disambangi di areal pemakaman pada Kamis (26/11/2020).

Setelah melakukan edukasi kepada masyarakat sembari menunggu jenazah riba di Kecamatan Balige.

Akhirnya, masyarakat sekitar menerima dengan baik dan pemakaman berlangsung pada sore hari sekitar pukul 16.45 WIB.

"Sempat ada penolakan, setelah dibahas dengan baik-baik dan kini bisa diterima di lingkungan pemakaman umum," sambungnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa keluarga PT juga ada ikut serta dalam pemakaman. Dari amatan tribunmedan.id, sejumlah warga ikut serta dalam pemakaman.

"Itu ikut juga keluarga, tapi bukan yang dekat ya. Karena keluarga dekat pas tidak ada di kampung ini," sambungnya.

Halaman
123
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved