Breaking News:

Lakukan Reformasi Anggaran, Bupati Langkat Siap Ikuti Arahan Presiden Jokowi

Bupati Langkat mendukung arahan Presiden Jokowi untuk memanfaatkan anggaran dengan cermat, edektif, dan tepat sasaran.

DOK. Humas Pemkab Langkat
Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin (tengah) menyaksikan penyerahan DIPA oleh Presiden Jokowi melalui video konferensi dari Desa Raja Tengah Kecamatan Kuala, Langkat, Rabu (25/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para menteri, lembaga, dan kepala daerah melakukan reformasi anggaran agar dapat menggerakkan ekonomi daerah dan nasional.

Ini karena, menurutnya, pada 2021 nanti Indonesia masih menghadapi ketidakpastian ekonomi. Sebab, ekonomi global juga penuh ketidakpastian.

“Manfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dengan cermat, efektif dan tepat sasaran. Semuanya harus dibelanjakan untuk kepentingan rakyat,” ujarnya.

Dia mengatakan itu dalam penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah serta Dana Desa tahun 2021, Rabu (25/11/2020).

Jokowi juga menyampaikan, pemerintah mengalokasikan belanja senilai Rp 2.750 triliun atau tumbuh 0,4 persen pada APBN 2021 dibandingkan alokasi belanja pada 2020.

Anggaran tersebut pun terfokus kepada empat hal, yakni penanganan kesehatan,  perlindungan sosial, pemulihan ekonomi, dan reformasi struktural.

Mendengar arahan presiden, Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin mengaku siap untuk melaksanakannya serta siap mendukung secara penuh segala program pusat.

“Presiden Jokowi pasti menginginkan rakyat Indonesia sejahtera dan maju, melalui program kerjanya. Jadi seluruh kepala daerah, harus mendukungnya secara maksimal,” ujarnya seperti keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan itu lewat video konferensi dari Desa Raja Tengah Kecamatan Kuala, Langkat, dan didampingi Pelaksana Tugas Asisten I Pemerintahan Basrah Pardomuan dan Staf Khusus Bupati Langkat M Syahrul.

Sementara itu, di Istana Negara Jakarta, Presiden Jokowi menyerahkan DIPA di hadapan Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Ketua DPR RI Puan Maharani, dan para menteri.

Adapun, penyerahan DIPA kepada para kepala daerah dilaksanakan dari masing-masing wilayah melalui video konferensi.

Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved