Breaking News:

Wali Kota Hefriansyah Setujui Ranperda CSR dan Cagar Budaya Usulan DPRD Pematangsiantar

Pembahasan dua Ranperda inisiatif DPRD telah dilakukan secara cermat, teliti, dan sesuai produser.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
PEMBAHASAN dua Ranperda inisiatif DPRD, di ruang sidang Harungguan Gedung DPRD, Kamis (26/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Wali Kota Pematangsiantar Hefriansyah menyetujui dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang merupakan inisiatif DPRD Pematangsiantar. Dua Perda tersebut yaitu tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan TJSLP serta tentang Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya.

Wali Kota Pematangsiantar, Hefriansyah menyampaikan pendapat akhir dan pidato penutupan Rapat Paripurna XI DPRD Kota Pematangsiantar Tahun 2020 yang membahas dua Ranperda tersebut, di ruang sidang Harungguan Gedung DPRD, Kamis (26/11/2020). 

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Timbul Marganda Lingga, Hefriansyah menerangkan, pembahasan dua Ranperda inisiatif DPRD telah dilakukan secara cermat, teliti, dan sesuai produser yang diamanatkan peraturan perundang-undangan. 

Pembahasannya, kata Hefriansyah, atas peran aktif anggota DPRD, melalui penyampaian pendapat Wali Kota, penyampaian tanggapan/jawaban fraksi-fraksi, rapat gabungan komisi, dan penyampaian pendapat akhir fraksi dengan Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar.

"Berbagai saran dan pendapat dalam rapat jawaban fraksi-fraksi, gabungan komisi, serta pendapat akhir fraksi akan ditindaklanjuti dalam rangka penyempurnaan dua Ranperda," katanya.

Selanjutnya akan diajukan fasilitasi ke Gubernur Sumatera Utara (Gubsu).

Hasil fasilitasi gubernur akan menjadi dasar penetapan dan perundangan dua Perda tersebut dalam Lembaran Daerah. 

"Kemudian segera kami tindaklanjuti dengan penyusunan Peraturan Wali Kota Pematangsiantar yang akan mengatur pelaksanaan Peraturan Daerah tersebut," terang Hefriansyah.

Baca juga: Wali Kota Hefriansyah Luncurkan 30 Buku Karangan Guru dan Siswa di Hari Guru

Selanjutnya, dengan ditetapkannya Perda tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan akan menjadi dasar hukum agar tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dapat terlaksana secara berkeadilan, serta memeroleh hasil yang optimal.

Perda ini nantinya akan menysinergikan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dengan program pembangunan di daerah demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Pematangsiantar.

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved