Breaking News:

YBHI Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia dengan Tanam 500 Pohon Buah di Benteng Sungai Deli

Bathara menuturkan bahwa penanaman pohon di Benteng Sungai Deli ini untuk mempertahankan ruang terbuka hijau di bantaran sungai.

Kartika / Tribun Medan
Relawan saat melakukan penanaman Pohon dalam peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang diusung YBHI di Benteng Sungai Deli,Sabtu (28/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Yayasan Budaya Hijau Indonesia (YBHI) kembali mengajak masyarakat untuk bergerak dalam melakukan penghijauan dan konservasi lingkungan.

Kali ini dalam menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), YBHI melakukan kegiatan menanam pohon di Benteng Sungai Deli, Lingkungan VI, Kelurahan Pekan Labuhan, Kecamatan Medan Deli, Medan, Sabtu (28/11/2020).

Ketua Umum YBHI, Bathara Surya Yusuf mengungkapkan bahwa kegiatan yang jatuh setiap tanggal ini menjadi momen pengingat kepada masyarakat untuk andil dalam menanam pohon.

"Kita mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat bahwa hari ini adalah kewajiban kita untuk menanam pohon. Kita mengonsolidasikan semua unsur bagaimana kita menanam serentak di bantaran sungai Deli ini," ungkap Bathara kepada Tribun Medan.

Adapun rangkaian kegiatan ini dimulai dari melakukan penyiraman 500 liter Eco Enzym dan pelepasan 18 ribu bibit ikan yang dilakukan di Sungai Deli.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan puncak yaitu menanam 500 pohon dengan beragam jenis.

Bathara menuturkan bahwa penanaman pohon di Benteng Sungai Deli ini untuk mempertahankan ruang terbuka hijau di bantaran sungai.

"Tujuan kegiatan ini bagaimana kita mengawetkan benteng Sungai Deli untuk penguatan akar pohon yang kita tanam, kemudian memberikan ruang oksigen untuk masyarakat," ujarnya.

Pohon yang ditanam ini beragam jenis dengan mayoritas berjenis buah-buahan seperti kelapa, rambutan, nangka merah, jeruk Bali merah dan kelengkeng.

Bathara mengatakan jika penanaman pohon ini akan berada dalam pemantauan YBHI selama tiga bulan kedepan.

Halaman
12
Penulis: Kartika Sari
Editor: Royandi Hutasoit
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved