Breaking News:

Dapat Perahu dari Kementerian LHK, Aktivis Mangrove Wibi Nugraha Ingin Buat Perpustakaan Keliling

Pendiri rumah baca Merah-Putih Danau Siombak ini, juga berencana menjadikan perahu tersebut sebagai perpustakaan keliling bagi anak-anak pesisir.

Penulis: Gita Nadia Putri br Tarigan | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
AKTIVIS mangrove, Wibi Nugraha menggunakan bantuan perahu dari Kementerian LHK untuk menanam mangrove. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Aktivis Mangrove asal Sumatera Utara (Sumut) Wibi Nugraha mendapat bantuan perahu baru dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Bantuan tersebut didapatkan Wibi sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup, karena selama bertahun-tahun aktif sebagai kader konservasi alam terutama dalam hal menanam mangrove. 

Wibi sejak beberapa tahun silam diketahui telah menanam mangrove di Medan, Sibolga, Langkat, hingga Deli Serdang.

Berkat ketekunannya itu pula, pada tahun 2019 lalu, ia pernah diundang ke Istana Negara.

Pria juga pernah meraih juara terbaik I Nasional Wana Lestari untuk kategori Kader Konservasi Alam ini mengatakan, nantinya perahu bantuan tersebut akan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, terutama mempermudah kegiatannya sehari-hari yakni berkeliling menanam bibit mangrove.

Tidak hanya itu, pendiri rumah baca Merah-Putih Danau Siombak ini, juga berencana menjadikan perahu tersebut sebagai perpustakaan keliling bagi anak-anak pesisir.

"Perahu baru ini adalah bantuan dari Kementerian Lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia untuk saya. Agar saya bisa keliling untuk nanam mangrove. Tapi perahu ini juga akan saya gunakan sebagai perpustakaan terapung yang akan mengunjungi anak anak pesisir dan aliran sungai agar mereka senang bisa membaca buku," kata Wibi kepada tribun-medan.com, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga: Wisata Mangrove Lubuk Kertang Jadi Program Unggulan Smart City Kabupaten Langkat

Wibi mengatakan untuk Sumatera Utara, hanya dua orang saja yang mendapat bantuan tersebut. 

Ayah dari Langit Biru Ramadhan ini mengaku baru kali ini mendapatkan bantuan perahu.

Dirinya berharap perahu tersebut dapat bermanfaat bagi orang banyak dan lingkungan.

"Dari Sumatera ada empat yang dapat bantuan, dua dari sumut, Riau satu orang dan Lampung satu orang. Harapannya dengan adanya perahu ini, semoga bisa lebih memacu semangat  menanam mangrove untuk menjadi rumah besar bagi lutung, kera dan hewani lainnya agar mereka bisa hidup dengan nyaman," katanya.

Dikatakan Wibi, mangrove sangat berperan penting bagi kehidupan, tidak hanya bagi manusia saja, namun juga hewan-hewan yang hidup di sekitarnya. Sehingga ia mengaku bersyukur dipercaya mendapat bantuan tersebut.

"Perahu ini akan saya manfaatkan untuk menanam mangrove, untuk lihat kondisi air danau dan sungai, juga untuk lihat kondisi hutan mangrove dan Lutung. Pengennya perahu ini jadi perpustakaan juga. Bawa buku ke daerah pesisir lalu buku digelar untuk dibaca anak anak," pungkasnya.(cr21/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved