Breaking News:

Peternak Ikan Binjai Lakukan Inovasi Budidaya Patin, Gurami, dan Lele

Pemko Binjai selama ini baru hampir menyediakan hanya sekitar 5 persen dari kebutuhan ikan. 

TRIBUN MEDAN/HO
PANEN ikan lele dan gurami di kolam milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Usaha Bersama di Jl. Danau Poso, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur. 

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Wali Kota Binjai, Idaham bersama Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, Agustawan Karnajaya melakukan panen ikan di peternakan tradisional warganya.

Mereka panen ikan lele dan gurami di kolam milik Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Usaha Bersama di Jl. Danau Poso, Kelurahan Sumber Karya, Kecamatan Binjai Timur, Jumat (27/11/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Idaham mengaku sangat berterima karena peran penting peternak ikan di Kota Binjai yang selama ini memenuhi sebagian kebutuhan masyarakat, terutama ikan darat.

Pemko Binjai selama ini baru hampir menyediakan hanya sekitar 5 persen dari kebutuhan ikan. 

"Ikan kita banyak datang dari luar terutama ikan dari laut. Kita berharap perikanan darat di Kota Binjai semakin maju dan lebih baik, sehingga demi memenuhi kebutuhan warga Binjai," katanya. 

Idaham mengatakan di masa sulit pandemi Covid-19 budidaya perikanan di kota Binjai diharapkan lebih berkembang.

Khususnya peternak perikanan darat semakin meningkat dan berinovasi untuk membuat penangkar bibit ikan. 

"Saya rasa ini sangat penting buat kita, pasokan pangan ikan sangat dibutuhkan warga. Dengan majunya peternak ikan semoga selalu bisa mencukupi kebutuhan warga kita," ujarnya 

Idaham berpesan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian agar bisa tetap berkoordinasi yang baik dengan pelaku pembudidaya ikan. Sebagai inisiator dan untuk penyediaan benih, makanan dan pasca panen. 

Apri Syabima selaku pemilik Usaha Bersama mengatakan saat ini para peternak sedang berusaha untuk membudidayakan ikan patin, gurami, nila dan lele. Diakuinya di masa pandemi Covid-19 pangan jadi perhatian yang penting. 

Baca juga: Tafsir Mimpi Makan Ikan, Bertanda Buruk Jika Makan Ikan Lele dan Ikan Asin, Begini Ulasan Lengkapnya

"Kami bersama-sama berusaha memajukan perikanan kota Binjai agar bisa semakin maju dan dikenal di setiap daerah lainnya. Saat ini kami lagi berusaha budidaya ternak ikan patin, guramu dan lele," katanya 

Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Binjai, Agustawan Karnajaya mengatakan, tahun ini akan ada sebanyak enam kelompok pembudidaya ikan kota Binjai yang akan mendapatkan sertifikat dari pemerintah pusat.

Dengan begitu label ikan peternak di Kota Binjai lebih dikenal dan maju secara kesejahteraan ekonomi. 

"Dengan sertifikat ini sudah bisa dijamin paling tidak dari segi teknisnya bahwa benih ikan yang ada di kota Binjai memang sehat dan layak untuk dibudidayakan," pungkas Agustawan. (dyk/tribun-medan.com) 

Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved