Breaking News:

9 Hari Jelang Pilkada di Sumut

Debat Pilkada Toba, Paslon Diingatkan Tidak Menyerang Secara Personal

Moderator Pilkada Toba, Dimpos Manalu dan Febrina Permata mengingatkan aturan yang harus dipatuhi masing-masing pasangan calon (paslon).

TRIBUN MEDAN/HO
SUASANA Debat Pilkada Kabupaten Toba 2020 yang diselenggarakan hari ini, Senin (30/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE - Moderator debat Pilkada Kabupaten Toba yang diselenggarakan pada hari ini, Senin (30/11/2020), Dimpos Manalu dan Febrina Permata mengingatkan aturan yang harus dipatuhi masing-masing pasangan calon (paslon).

"Tidak diperkenankan memotong saat pasangan calon tersebut sedang berbicara. Kedua, waktu segera dimulai ketika pasangan calon mulai berbicara. Ketiga, pasangan calon tidak diperkenankan memberikan pertanyaan yang menyerang personal pasangan calon lain," demikian imbauan yang diberikan sebelum debat berlangsung kepada kedua pasangan calon.

Lebih lanjut, anjuran tersebut menguraikan perihal fokus utama dalam debat pilkada adalah penyampaian visi misi.

"Keempat, pertanyaan antara pasangan calon harus seputar tema visi misi dan program. Kelima, moderator memiliki hak menghentikan paparan pasangan calon jika pemaparan keluar dari tema visi misi dan program," sambungnya.

Moderator juga punya hak untuk menghentikan paparan pasangan calon manakala sudah melampaui waktu yang sudah disepakati.

"Keenam, moderator akan menghentikan paparan pasangan calon ketika waktu yang tersedia telah habis. Ketujuh, tim kampanye dilarang menyuarakan yel-yel pasangan calon selama debat berlangsung," sambungnya.

Dalam penyampaian visi misi, pasangan Poltak Sitorus dan Tony Simanjuntak menyebutkan akan menjadikan Toba unggul dan bersinar.

"Poktak-Tony akan menjadikan Toba menjadi unggul dan bersinar. Unggul maksudnya lebih baik daripada periode-periode sebelumnya dan juga lebih baik daripada kabupaten-kabupaten di sekitarnya," ujar Poltak.

"Bersinar artinya kita akan menjadi teladan, contoh yang akan ditiru kabupaten-kabupaten di sekitar kita. Nah untuk itu Poltak-Toni akan bekerja keras mensukseskan panca program yang telah kami susun dengan matang dan terintegrasi yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lain," sambungnya.

"Berdasarkan persoalan-persolan yang kita temui di Toba, program yang pertama yakni infrastruktur. Jalan harus kita perbaiki, mulus, merata dari desa ke kota, dari desa ke ladang, dan dari desa ke sawah," sambungnya.

Halaman
12
Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved