Breaking News:

Pjs Wali Kota Medan Berharap Program Pramuka Dapat Menarik Minat Anak Muda

“Mereka dapat bergabung melalui program-program yang visioner, inovatif dan kreatif," ujar Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho MT.

Dok. Humas Pemkot Medan
Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho MT saat membuka Muscab Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan Tahun 2020 di Grand Inna Dharma Deli Hotel, Jalan Balai Kota Medan, Senin (30/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho MT berharap, program pramuka dapat menarik minat anak muda untuk ikut serta di dalamnya.

“Mereka dapat bergabung melalui program-program yang visioner, inovatif dan kreatif, diikuti dengan kemajuan teknologi informasi,” ujar Arief.

Pernyataan itu ia sampaikan saat membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Medan Tahun 2020 dengan pemukulan gong di Grand Inna Dharma Deli Hotel, Jalan Balai Kota Medan, Senin (30/11/2020).

Tujuan Muscab sendiri adalah, dalam rangka pemilihan Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Medan untuk periode kepemimpinan lima tahun ke depan, masa bhakti 2020-2025.

Dalam kesempatan itu, Arief mengatakan, pramuka Indonesia memiliki lambang siluet tunas kelapa yang diciptakan oleh Soenarjo Admodipuro.

“Layaknya pohon kelapa dengan seribu manfaat dari akar hingga daun. Maka, seyogyanya pramuka harus memiliki seribu manfaat dalam kehidupan bermasyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut Arief mengatakan, dalam pramuka semua orang diajarkan tentang pendidikan bukan instruksi.

Artinya, kegiatan-kegiatan pramuka lebih kepada membangun kapasitas dan karakter para anggotanya, bukan perintah dan instruksi yang menandakan adanya sistem hirarki dalam suatu kelembagaan.

“Dengan bentukan karakter tersebut, nantinya para anggota mampu dan dapat memberikan kontribusi khususnya bagi masyarakat,” kata Arief, seperti dalam keterangan tertulisnya yang Tribun Medan terima.

Lebih lanjut Arief mengatakan, pendidikan pramuka mengajarkan pula kemandirian, kerja sama, persahabatan, kepercayaan diri, kesehatan fisik dan mental, moral yang luhur serta kelebihan lainnya.

Halaman
123
Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved