Breaking News:

9 Hari Jelang Pilkada di Sumut

BREAKING NEWS, Stok Surat Suara untuk Pilkada Siantar 2020 Mencukupi

Dari 188.877 surat suara yang diterima, 188.547 surat suara dinyatakan layak sementara 330 lainnya mengalami beberapa kerusakan.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
PROSES pelipatan surat suara untuk kebutuhan Pilkada Pematangsiantar dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Jalan Porsea No.3, Pematangsiantar, Senin (30/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, SIANTAR - Jumlah surat suara untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematangsiantar telah mencukupi dalam pemilihan yang akan dilaksanakan, Rabu (9/12/2020) mendatang. 

Ketua KPUD Pematangsiantar Daniel Sibarani menyampaikan pihaknya menerima surat suara sebanyak 188.870 lembar. Seluruh surat suara itu akan dilakukan proses pelipatan sebelum didistribusikan ke TPS nantinya.

"Pertama, kita sudah melakukan penyortiran dimulai pada Jumat, Sabtu dan Minggu. Sebagaimana kita sebutkan petugas pelipatan itu melibatkan badan add hoc sebanyak 40 orang. Jumlah surat suara yang disortir 188.877 lembar," ujar Daniel kepada wartawan, Senin (30/11/2020). 

Dari 188.877 surat suara yang diterima, 188.547 surat suara dinyatakan layak sementara 330 lainnya mengalami beberapa kerusakan dengan beberapa kategori kerusakan seperti tinta kabur, sobek dan terdapat noda yang lumayan parah.

Baca juga: Debat Publik Pilkada Humbang Hasundutan Digelar Hari Ini di Hotel Arya Duta Medan

Daniel menyebut surat suara yang dibutuhkan untuk diserahkan kepada TPS pada pencoblosan nanti hanyalah 185.269 lembar.

"Karena yang kita butuhkan itu 185.269 lembar, artinya surat suara mencukupi. Sehingga nanti surat suara yang tidak layak digunakan dan yang tidak digunakan (cadangan) akan kita musnahkan," ujarnya.

Agenda pemusnahan sendiri akan dilaksanakan setelah proses rekapitulasi surat suara. Surat suara yang dibutuhkan selanjutnya akan didistribusikan ke TPS.

"Perkembangan terakhir sudah kita set per TPS. Jika logistik sudah lengkap akan kita distribusikan," tutupnya.(alj/tribun-medan.com)  

Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved