Breaking News:

Tim Pengabdian Masyarakat USU Lakukan Pelatihan E-Learning di SMP Negeri 1 Binjai Kwala Begumit

Tim Pengabdian Masyarakat USU Lakukan Pengembangan dan Implementasi E-Learning di SMP Negeri 1 Binjai Kwala Begumit

DOK Tim Pengabdian Masyarakat USU
Ketua tim pengabdian Dr. Erna Budhiarti Nababan menyerahkan separangkat laptop dan aplikasi e-learning kepada Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Binjai Bapak Gito, S.Pd, M.Pd. 

TRIBUNMEDAN.ID, MEDAN - Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT, Bersama anggota timnya masing-masing Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc, Dedy Arisandi, ST, M.Kom, Seniman, S.Kom, M.Kom, dan bersama tiga orang mahasiswa telah mengembangkan dan mengimplementasikan sistem pembelajaran tatap muka secara online berbasis audio video, presentasi dan chatting menggunakan platform e-learning Moodle di SMP Negeri 1 Binjai Kwala Begumit Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat untuk masa periode Agustus – November 2020.

Menurut Erna Budhiarti Nababan, kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk penerapan penggunaan teknologi informasi pengembangan aplikasi komputer berbasis web e-learning. Sekolah yang diharapkan mampu meningkatkan efisiensi dan pelayanan bagi guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Foto bersama Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT, Bersama anggota timnya Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc, Dedy Arisandi, ST, M.Kom, Seniman, S.Kom, M.Kom bersama tiga orang mahasiswa dan sivitas akademika SMP Negeri 1 Binjai Kwala Begumit.
Foto bersama Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara yang diketuai oleh Dr. Erna Budhiarti Nababan, M.IT, Bersama anggota timnya Prof. Dr. Opim Salim Sitompul, M.Sc, Dedy Arisandi, ST, M.Kom, Seniman, S.Kom, M.Kom bersama tiga orang mahasiswa dan sivitas akademika SMP Negeri 1 Binjai Kwala Begumit. (DOK. Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Sumatera Utara)

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Binjai yang beralamat di Jalan S. Parman Kwala Begumit Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat didirikan sejak tahun 1983 dan mulai beroperasional pada tanggal 23 Maret 1987. SMP Negeri 1 Binjai yang berdiri di atas lahan seluas 12.012 M2 ini memiliki jumlah siswa laki-laki sebanyak 356 orang dan siswa perempuan sebanyak 459 orang sehingga total siswa saat ini sebanyak 815 orang. Jumlah guru SMP Negeri 1 Binjai sampai dengan tahun ajaran 2019/2020 ini berjumlah 49 orang.

Hingga saat ini SMP Negeri 1 Binjai belum menggunaan aplikasi e-learning dalam proses belajar mengajar. Aplikasi e-learning belum digunakan sebelumnya karena pelaksanaan belajar mengajar masih dapat dilakukan dengan baik secara langsung di kelas tanpa bantuan aplikasi e-learning.

Tetapi sejak ditetapkannya status pandemi virus corona 2019 atau Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan kebijakan pemerintah tentang antisipasi penyebaran lebih luas Covid-19 yang mengharuskan sekolah diliburkan dan siswa diharuskan belajar dari rumah maka keberadaan e-learning sangat dibutuhkan.

Foto bersama tim pengabdian dan peserta pelatihan e-learning SMP Negeri 1 Binjai Kwala Begumit
Foto bersama tim pengabdian dan peserta pelatihan e-learning SMP Negeri 1 Binjai Kwala Begumit (DOK Tim Pengabdian Masyarakat USU)

Kegiatan belajar mengajar sementara ini tidak dapat lagi dilakukan di kelas sehingga pihak sekolah dan guru mencari solusi agar siswa tetap dapat belajar dari rumah.

Penggunaan aplikasi media sosial seperti Whatsapp menjadi pilihan sementara, tetapi proses pembelajaran tidak dapat dilakukan secara optimal karena Whatsapp bukan aplikasi khusus untuk e-learning. Pihak sekolah kesulitan dalam mendata proses belajar mengajar yang ada.

Mulai tatap muka, tugas, ujian, penilaian dan aktivitas lainnya tidak terorganisir dengan baik sehingga penggunaan aplikasi elearning saat ini sudah sangat dibutuhkan.

Target yang ingin dicapai delam kegiatan pengebdian tersebut adalah tersedianya aplikasi e-learning menggunakan platform open source Moodle yang dapat digunakan pada kegiatan belajar mengajar, menyediakan fasilitas server hosting dan domain untuk berjalannya aplikasi e-learning yang dilengkapi dengan perangkat komputer untuk proses admin atau pengelolaan aplikasi yang berkelanjutan.

Tim Pegabdian juga melakukan pelatihan penggunaan aplikasi elearning secara online kepada siswa, guru, dan sivitas akademika SMP Negeri 1 Binjai, agar aplikasi dapat digunakan dengan baik dan optimal.

Pembangunan sistem pembelajaran online Moodle telah diinstal oleh tim pengabdian pada platform server VPS EC2 dengan basis data RDS PostgreSQL. Proses instalasi dan uji coba sistem memberikan hasil yang baik dan sistem pembelajaran online dapat berjalan dengan baik dengan kondisi digunakan oleh banyak pengguna yaitu guru-guru dan para siswa.

Sistem pembelajaran online e-learning berhasil diterapkan di SMP Negeri 1 Binjai sebagai media pembelajaran secara online antara guru dan siswa, yang terutama dapat mengatasi kendala disaat lockdown dan work from home dalam masa pandemi Covid-19 yang sedang dihadapi masyarakat Indonesia sekarang ini.

Dengan sistem ini, data guru, siswa, daftar kelas dan mata pelajaran dapat terdokumentasi dengan jelas, sehingga dapat mempermudah proses penjadwalan dalam proses belajar mengajar yang telah direncanakan oleh pihak sekolah.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved