Breaking News:

Pemkab Langkat Jadikan Indikator Makro Pembangunan Ekonomi untuk Lihat Tingkat Keberhasilan

Pemkot Langkat menggelar rapat diseminasi indikator makro pembangunan Kabupaten Langkat tahun 2020.

DOK. Humas Pemkab Langkat
Pemkab Langkat menggelar rapat Diseminasi Indikator Makro Pembangunan Kabupaten Langkat tahun 2020, di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Langkat, Stabat, Senin (30/11/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Asisten III Administrasi Umum Langkat Musti mengatakan, indikator makro pembangunan ekonomi merupakan unsur penting bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat untuk melihat tingkat keberhasilan pembangunan yang dilaksanakan.

Dia mengatakan itu dalam rapat Diseminasi Indikator Makro Pembangunan Kabupaten Langkat tahun 2020, di ruang rapat Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Langkat, Stabat, Senin (30/11/2020).

“Untuk itu pendataan menjadi sangat penting, guna melihat secara real dari pertumbuhan ekonomi kita,” ungkapnya mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin.

Musti juga mengatakan, indikator makro pembangunan ekonomi ini merupakan indikator utama bagi Bupati Langkat.

"Kami membantu kinerja Bupati untuk capaian terbaik sesuai sasaran di Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) melalui data indikator makro ini," kata Musti.

Adapun, rapat ini turut dihadiri Kepala Bappeda Langkat Sujarno dan utusan instansi terkait di jajaran Pemkab Langkat.

Pada kesempatan ini, Sujarno mengatakan, perkembangan indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Langkat terus tumbuh dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 0,79 persen per tahun.

Pertumbuhan ini dihitung pada 2015-2019 berdasarkan data Badan Pusat Statistik.

Perkembangan IPM tersebut memengaruhi daya beli masyarakat Langkat yang terus meningkat dengan rata-rata tumbuh sekitar 2,18 persen per tahun selama periode 2015-2019.

Melihat data itu, Sujarno berharap, para instansi terkait agar tidak bosan-bosan bekerjasama dengan Bappeda yang sering meminta serta memverifikasi data.

Sebab, lanjutnya, verifikasi data ini bertujuan untuk memeriksa kelancaran pembangunan dan peningkatan struktur perekonomian di Langkat.

Perlu diketahui, setiap pemerintah daerah berusaha mengembangkan perekonomian daerah dalam upaya mendongkrak kesejahteraan masyarakat.

Tingkat keberhasilan program dapat dilihat dari capaian indikator makro ekonomi dan indikator yang mencerminkan kesejahteraan masyarakat.

Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved