Breaking News:

Pemkot Medan dan DPRD Setujui Ranperda Kearsipan, Arief Sudarto: Arsip Adalah Jati Diri Bangsa

Pjs Wali Kota Medan Arief Sudarto mengatakan, penyelenggaraan kearsipan harus dilakukan dalam suatu sistem nasional yang komprehensif dan terpadu.

Dok. Humas Pemkot Medan
Rapat Paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan dan Persetujuan Bersama Atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Ruang Rapat Paripurna Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Selasa (01/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan Arief Sudarto Trinugroho mengatakan, arsip adalah jati diri suatu bangsa.

"Arsip berperan penting dalam mempertahankan keutuhan negara, mewujudkan suatu bangsa yang besar serta masyarakat yang adil makmur dan sejahtera," kata Arief.

Hal itu Arief sampaikan saat menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka Pengambilan Keputusan dan Persetujuan Bersama Atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Medan tentang Penyelenggaraan Kearsipan di Ruang Rapat Paripurna Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Selasa (01/12/2020).

Keputusan bersama ini ditandai dengan penandatanganan bersama yang dilakukan Arief dengan Ketua DPRD Kota Medan Hasyim.

Pada rapat tersebut, Arief mengatakan, penyelenggaraan kearsipan harus dilakukan dalam suatu sistem nasional yang komprehensif dan terpadu.

"Hal itu dilakukan untuk menghadapi tantangan globalisasi, mendukung terwujudnya penyelenggaraan pemerintah daerah yang baik dan bersih serta peningkatan kualitas pelayanan publik," kata Arief.

Berdasarkan hal tersebut, Arief mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan bersama DPRD Kota Medan telah menyetujui dan mengesahkan Ranperda Kota Medan tentang Penyelenggaraan Kearsipan.

Dengan disahkannya Ranperda ini, Arief berharap, dapat menjamin terciptanya arsip dari kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kemudian, sambung Arief, Ranperda itu diharapkan dapat menjamin terwujudnya pengelolaan arsip yang handal dan pemanfaat arsip sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan

"Ranperda ini diharapkan pula dapat menjadi perlindungan kepentingan negara dan hak-hak keperdataan rakyat melalui pengelolaan dan pemanfaatan arsip yang autentik dan terpercaya," katanya.

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved