Breaking News:

Penyusunan Profil Analisis Gender Kota Medan Diharapkan Mudahkan OPD Capai Kebijakan KKG

“Memudahkan OPD mencapai kesetaraan dan keadilan gender (KKG) dalam kebijakan, program dan kegiatan yang dilakukan,” kata Asmum Setdako Medan Renward.

Dok. Humas Pemkot Medan
Asmum Setdako Medan Renward Parapat saat mewakili Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman dalam kegiatan penyusunan profil analisis gender Kota Medan Tahun 2020 di Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Selasa (1/12). 

TRIBUN-MEDAN.com – Asisten Administrasi Umum (Asmum) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Medan Renward Parapat berharap, kegiatan penyusunan profil analisis gender dapat lebih memudahkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Memudahkan OPD mencapai kesetaraan dan keadilan gender (KKG) dalam kebijakan, program dan kegiatan yang dilakukan,” kata Renward.

Pernyataan itu ia sampaikan saat mewakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman dalam kegiatan penyusunan profil analisis gender Kota Medan Tahun 2020 di Balai Kota Medan, Jalan Kapten Maulana Lubis Medan, Selasa (01/12/2020).

Renward menjelaskan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (P3APM) Kota Medan berupaya untuk meningkatkan ketersediaan profil gender.

“Ini adalah sebagai bentuk pengintegrasian gender dalam pembangunan,” ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Rabu (02/12/2020).’

Sebab, lanjut dia, peningkatan ketersediaan dan pemanfaatan data informasi gender di Kota Medan sangat dibutuhkan.

“Untuk itu, perlu dilakukan penyusunan profil analisis Pengarusutamaan Gender (PUG) melalui kebijakan serta program yang memperhatikan aspek tertentu,” jelas Renward.

Aspek tersebut diantaranya, pengalaman, aspirasi, kebutuhan dan permasalahan perempuan maupun laki-laki.

Selanjutnya, kata dia, dari aspek itu diolah ke dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi dari kebijakan program di berbagai bidang kehidupan serta pembangunan.

Program pelaksanaan kegiatan ini, kata Renward, merupakan tindak lanjut dari peraturan yang ada.

Halaman
123
Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved