Breaking News:

Hindari Truk Tonase Berlebih Masuk Jalan Selamat Ketaren, Dishub Karo Berencana Bangun Portal

Jalan rusak ini telah diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Karo, dengan cara tambal sulam.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
PENGENDARA melintas di Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, Kamis (3/12/2020). Ruas jalan yang sebelumnya rusak, kini telah dilakukan tambal sulam. 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Beberapa waktu lalu, kondisi aspal di Jalan Selamat Ketaren, Kabanjahe, mengalami rusak yang cukup parah. Amatan www.tribun-medan.com, di jalan yang berada di depan Rumah Sakit Umum (RSU) Kabanjahe ini, aspal di beberapa titiknya terlihat terkelupas bahkan menimbulkan lubang yang cukup besar.

Namun, saat ditinjau kembali ke ruas jalan tersebut ternyata saat ini lubang-lubang dan aspal yang terkelupas ini terlihat sudah diperbaiki oleh pihak terkait.

Jalan rusak ini telah diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Karo, dengan cara tambal sulam.

Meskipun sudah diperbaiki, tentunya jalan yang telah ditutup ini ditakutkan akan kembali rusak jika tidak dilakukan pemeliharaan dengan baik.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karo Gelora Fajar Purba, mengungkapkan pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Karo untuk langkah pemeliharaannya.

Sebagai langkah untuk mencegah kendaraan tonese berlebih masuk ke jalan tersebut, pihaknya berencana akan memasang portal yang akan menghalangi truk berukuran besar masuk ke jalan tersebut.

"Kita sudah koordinasi dengan Dinas PU, nanti kita berencana akan memasang portal. Jadi supaya truk besar sudah enggak bisa masuk dan melintas di jalan itu lagi," ujar Gelora, Kamis (3/12/2020).

Gelora menjelaskan, untuk menghindari truk dengan tonese besar masuk ke jalur tersebut, pihaknya telah melakukan langkah seperti pemasangan rambu-rambu. Namin, langkah ini ternyata kurang efektif karena buktinya masih ada saja oknum supir yang melanggar aturan tersebut.

"Kalau rambu ketentuan tonase yang bisa melintas sudah kita buat, tapi tetap saja ada yang melanggar," katanya.

Baca juga: Jalan Rusak di Kabanjahe Bikin Celaka Pengendara, Truk Bermuatan Melebihi Tonase Jadi Penyebab

Untuk itu, dirinya mengatakan pemasangan portal ini dipilih karena pihaknya tidak mungkin melakukan penjagaan selama 24 jam di jalur tersebut. Pasalnya, truk-truk dengan tonase berlebih biasanya melintas di jalan tersebut pada tengah malam hingga memasuki dini hari.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved