Breaking News:

Rektor USU Terpilih

Muryanto Amin Terpilih Jadi Rektor USU, Begini Tanggapan Gubernur Sumut

USU harus mampu menjadi parameter dalam menghasilkan sumber daya manusia yang potensial demi kemajuan pembangunan Sumut. 

TRIBUN MEDAN/KARTIKA
REKTOR USU terpiilih periode 2021-2026, Muryanto Amin. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Muryanto Amin terpilih menjadi Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026 dengan meraih 57,75 persen suara. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) USU mengalahkan para pesaingnya, yakni Farhat dengan memeroleh 35,75 persen suara dan Arif Nasution dengan 6,5 suara. 

Proses penyeleksian tersebut berlangsung di Jakarta dan pemilihan dilakukan oleh Majelis Wali Amanat (MWA) USU dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada hari ini, Kamis (3/12/2020).

Terpilihnya Muryanto, mendapat tanggapan oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi. Mantan Pangkostrad itu berharap rektor terpilih itu bisa bersinergi dengan Pemprov Sumut.

"Selamat kepada Muryanto Amin. Yang paling penting adalah bisa bersinergi, berkomunikasi dalam rangka mendidik. Sehebatnya apapun Muryanto, kalau tak bisa bersinergi dengan wilayah, ya dia tidak akan bisa berkolaborasi, mendidik dengan baik," kata Edy, di Rumah Dinas Gubernur, Kamis (3/12/2020).

Baca juga: Pilih Muryanto Amin sebagai Rektor USU Periode 2021-2026, MWA : Semoga USU Lebih Baik

Menurut Edy, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri, USU harus mampu menjadi parameter dalam menghasilkan sumber daya manusia yang potensial demi kemajuan pembangunan Sumut. 

Sebab banyak generasi muda, khususnya masyarakat Sumut yang mendapatkan berbagai disiplin ilmu pengetahuan, ketika menjalani pendidikan sebagai mahasiswa di USU.

"Berjalannya pendidikan dan akhirnya menghasilkan para mahasiswa yang berkualitas. Itu lah sumber daya manusia yang akan membangun Sumut ini. Gagalnya mereka mendidik anak-anak kita, maka akan gagal juga pembangunan di Sumut," ucapnya.

Disinggung mengenai sosok Muryanto, Edy mengaku belum mengenal secara dekat pribadi pria yang saat ini menjabat sebagai Dekan FISIP USU.

Namun dengan mendapat perolehan suara terbanyak dari Majelis Wali Amanat (MWA), Edy menilai Muryanto merupakan sosok yang memiliki kapabilitas memajukan USU.

"Secara personal kenal-kenal biasa ya. Tidak sampai tahu secara mendalam. Tapi dengan dipilih secara objektif. Diawali dengan dipilih di sini, lalu dibawa ke sana (Jakarta). Mungkin itulah yang terbaik," ujarnya.(ind/tribun-medan.com)

Penulis: Mustaqim Indra Jaya
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved