Breaking News:

Rumah Warga Direndam Banjir, Lurah Sinaksak Sebut Tak Bisa Salahkan PT KAI

Banjir disebabkan air dari guyuran hujan Rabu (2/12/2020) sore kemarin, tak bergerak ke mana-mana.

TRIBUN MEDAN/ALIJA
BANJIR menggenangi rumah warga di Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun, Kamis (3/12/2020) siang. 

TRIBUN-MEDAN.com, SIMALUNGUN - Puluhan rumah yang berada di dua lingkungan di Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun digenangi banjir hingga ketinggian tiga meter dari atas permukaan tanah.

Banjir disebabkan air dari guyuran hujan Rabu (2/12/2020) sore kemarin, tak bergerak ke mana-mana.

Warga mendesak Pemerintah Kabupaten Simalungun agar menyampaikan keluhan banjir yang dialami ke PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) lantaran bantalan rel yang dibangun menutup gorong-gorong air selama ini.

"Iya, kita minta secepatnyalah itu gorong-gorong dibuat tembusannya, biar air dari rumah kita mengalir ke gorong-gorong. Atau minta Pemkab untuk turunkan mesin pompa," ujar seorang warga bernama David.

Sementara itu, Kepling Lingkungan III, Zainuddin Nainggolan menyampaikan pihak PT KAI sebenarnya sudah berniat membuat rel gantung, agar air yang kerap menggenang saban hujan bisa mengalir.

PT KAI sudah menurunkan alat berat dan membuat jalan agar alat berat bisa bergerak untuk membuat gorong-gorong atau sodetan.

"Itukan mesin dan bahan-bahannya PT KAI. Tapi bagaimana mau dikerjakan kalau tiap hari turun hujan. Sudah ada memang niat mereka memperbaiki," kata Zainuddin.

Sebenarnya banjir sudah rutin ia dan warga lain rasakan bila hujan dengan intensitas tinggi turun di Kabupaten Simalungun. Namun belakangan, curah hujan yang meningkat membuat mereka tak tahan bila terus mengangkat barang-barang.

Ada protes dari warga yang meminta secepatnya dibuat gorong-gorong agar air bisa mengalir.

"Udah rutin memang. Cuma yang parahnya ya hari ini," kata Zainuddin dengan suara rendah.

Baca juga: Akibat Diguyur Hujan, Puluhan Rumah di Kelurahan Sinaksak Terendam Banjir Hingga Ketinggian 3 Meter

Halaman
12
Penulis: Alija Magribi
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved