Breaking News:

BI Optimis Pertumbuhan Ekonomi Sumut Pada 2021 Melaju 4,8 Hingga 5,2 Persen

Pada 2020 pertumbuhan ekonomi tahunan Sumut di prediksi berada di kisaran 0,4 hingga 0,8 persen.

Dok. Humas Pemkab Langkat
Pertemuan tahunanbertema Bersinergi Membantu Optimisme Pemulihan Ekonomi di Grand Ballroom Hotel Adi Mulia Medan, Jalan Diponegoro Medan, Kamis (3/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Kepala Kantor (Kakan) Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut), Wiwiek Sisto Widayat optimis, pertumbuhan perekonomian Sumut 2021 melaju 4,8  hingga 5,2 persen.

"Jumlah tersebut lebih tinggi dari tahun 2020," kata Wiwiek saat menghadiri pertemuan tahunan yang bertema Bersinergi Membantu Optimisme Pemulihan Ekonomi di Grand Ballroom Hotel Adi Mulia Medan, Jalan Diponegoro, Medan, Kamis (3/12/2020).

Pada 2020, lanjut Wiwiek, pertumbuhan ekonomi tahunan Sumut di prediksi berada di kisaran 0,4 hingga 0,8 persen.

Lebih lanjut Wiwiek mengatakan ada tiga indikator yang digunakan BI dalam mengukur laju pertumbuhan ekonomi Sumut. Pertama, tingkat kesuksesan vaksinasi dan penanganan Covid-19 pada 2021.

"Kedua, penerapan frontloading Pemerintah Provinsi Sumatra Utara (Pemprovsu)," kata Wiwiek seperti dalam keterangan tertulisnya.

Kemudian indikator yang ketiga, sambung Wiwiek, yakni tingkat pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Wiwiek berharap, pertemuan tahunan ini yang digelar ini dapat menjalin sinergitas antara seluruh stakeholder Sumut, sehingga ketiga indikator tersebut dapat tercapai.

"Dengan begitu, kegiatan ini dapat membuat terbangunnya ekonomi yang kondusif di tengah pandemi Covid-19," harap Wiwiek.

Lebih lanjut, Wiwiek berharap pula kepada bank yang berada di Sumut, untuk dapat mempermudah pelayanan terhadap UMKM, termasuk dalam hal pencairan pendanaan.

Pada kesempatan yang sama, Wiwiek Sisto Widayat  menjelaskan, inflasi yang terjadi November 2020 sebesar 0,33 persen. Meski demikan, angka inflasi ini dianggap masih pada batas wajar. 

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved