Breaking News:

BMKG Prakirakan Hari Ini Kawasan Toba Alami Cuaca Buruk

Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisiska (BMKG) Medan memprakirakan bahwa sejumlah kawasan di Toba akan alami hujan lebat.

Tribun-Medan.com/Maurits Pardosi
Longsor di kawasan Toba akibat cuaca buruk 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisiska (BMKG) Medan memprakirakan bahwa sejumlah kawasan di Toba akan alami hujan lebat.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas II Silangit Nasrul Adil mengimbau masyarakat waspada akan potensi musibah banjir dan longsor.

“Diimbau kepada masyarakat untuk waspada pada potensi adanya hujan lebat yang menyebabkan longsor di lereng gunung serta banjir genangan di daerah dataran rendah,” ujar Nasrul Adil saat dikonfirmasi tribunmedan.id pada Jumat (4/12/2020).

Amatan tribunmedan.id, sejak siang hari daerah Balige terlihat mendung. Sore hari hujan mulai turun dengan intensitas ringan-sedang.

Akibat hujan tesebut, sejumlah akitvitas warga terhambat.

Nasrul Adil juga menguraikan perkiraan cuaca pada hari ini sejak pagi hingga esok, Sabtu (5/12/2020) dini hari.

“Info prakiraan cuaca hari ini tanggal 4 Desember 2020 di Kabupaten Tapanuli Utara, Toba, Humbang Hasundutan, Samosir, Simalungun dan Asahan. Pada pagi hingga siang hari, uaca pada umumnya diprakirakan berawan,” katanya.

Sementara, pada siang hingga sore hari, cuaca pada umumnya diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

Lebih lanjut, pada sore hingga malam hari, cuaca pada umumnya diprakirakan hujan dengan intensitas sedang.

“Pada malam hingga dini hari, cuaca pada umumnya diprakirakan berawan,” sambungnya

Dari pihak BMKG Medan menguraikan bahwa pada pagi hari, berawan dan hujan ringan hingga sedang di wilayah Langkat, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbahas, Samosir, Taput, Tapteng, Tapsel, Madina dan Sekitarnya.

“Pda siang hari, berawan dan berpotensi hujan ringan hingga Sedang di Langkat, Meda, Binjai, Deli Serdang, Sergai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, Asahan, Humbahas, Samosir, Taput, Tapteng, Tapsel, Madina dan Sekitarnya,” ujar Kepala BMKG Medan Edison Kurniawan saat dikonfirmasi pada hari ini, Jumat (4/12/2020)

Pada sore hingga malam hari diperkirakan berawan dan berpotensi hujan berintensitas sedang hingga lebat di wilayah Sumatera Utara.

“Peringatan dini, waspada potensi Hujan dengan intensitas sedang hingga Lebat di wilayah Lereng Timur, Pantai Timur, Pegunungan dan sebagian wilayah Pantai Barat Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir, longsor dan angin kencang,” pungkasnya.

(c33/tribun-medan.com)

Penulis: Maurits Pardosi
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved