Breaking News:

Tutup Layanan saat Jam Kerja, Kadisdukcapil Binjai Langsung Dicopot, Sekda Sebut Pelanggaran Berat

Tobertina dinilai telah bertindak sewenang-wenang dengan menutup pelayanan administrasi masyarakat di Kantor Disdukcapil Binjai

Tribun-Medan.com/Dedy Kurniawan
Tobertina dicopot dari jabatannya sebagai Kadisdukcapil Binjai, terkait penutupan pelayanan masyarakat pada jam kerja. 

Laporan Wartawan Tribun Medan / Dedy Kurniawan

TRIBUN-MEDAN.com, BINJAI - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Binjai, Tobertina langsung dicopot dari jabatannya.

Tobertina dinilai telah bertindak sewenang-wenang dengan menutup pelayanan administrasi masyarakat di Kantor Disdukcapil Binjai, Jalan Jambi Nomor 3, Kelurahan Rambung Barat, Binjai Selatan.

Sekretaris Daerah Kota Binjai, M Mahfullah Daulay menegaskan bahwa pencopotan Tobertina karena menutup pelayanan di jam kerja, sehingga masyarakat terdampak.

Sekda mendapat informasi berdasarkan laporan tim pemeriksaan khusus yang dilakukan Inspektorat Kota Binjai.

"Saudari Tobertina dijatuhi pelanggaran berat, berupa pembebasan jabatan dari Kadisdukcapil berdasarkan SK Wali Kota Binjai Nomor 188.44-987/K/2020," ujarnya Minggu (6/12/2020).

Dijelaskannya, bahwa Pemerintah Kota Binjai menindaklanjuti pelanggaran ini dengan membentuk tim melalui Inspektorat dan pemeriksaan khusus terhadap Disdukcatpil.

Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LPH) Nomor ITKO.165/LHP-K/2020/Rhs pada 1 Desember 2020, disimpulkan bahwasanya telah terjadi pelanggaran penyalahgunaan kewenangan dengan sengaja oleh Tobertina.

"LHP berupa berita acara pemeriksaan oleh saksi yang terdiri dari ASN yang di Kantor Dinas Dukcatpil, foto-foto dokumentasi serta video visual atas kejadian pemblokiran pelayanan dimaksud.

Dari LHP dilanjutkan dengan penjatuhan hukuman disiplin oleh pejabat pembina kepegawaian kepada Tobertina.

Halaman
12
Penulis: Dedy Kurniawan
Editor: Juang Naibaho
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved