Breaking News:

Pelantikan Terbit Jadi Ketua F-SPTI dan K,SPI Dinilai Cacat Hukum, Amir Hamzah Beri Klarifikasi

Pengangkatan Terbit Rencana PA sempat menjadi kasak-kusuk banyak pihak, Amir Hamzah memberikan klarifikasi jelas.

DOK. Pemkab Langkat
Sekjen F-SPTI dan K.SPSI Amir Hamzah sedang berbicara di podium. 

TRIBUN-MEDAN.com – Pelantikan Terbit Rencana Perangin Angin sebagai Ketua Pengurus Cabang (PC) Federasi Serikat Pengurus Transport Indonesia (F-SPTI) dan Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K.SPSI) Langkat periode 2020-2025 sempat dipertanyakan oleh banyak pihak.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) F-SPTI dan K.SPSI Langkat, Amir Hamzah menepis kabar pengangkatan Terbit sebagai suatu cacat hukum.

“Pelantikan Terbit Rencana itu legal dan resmi, didasarkan pada AD-ART dan peraturan perundang-undangan,” jelas Amir saat ditemui di kediamannya, Kecamatan Kuala, Senin (7/12/2020).

Amir menjelaskan ada beberapa poin kesesuaian pelantikan Terbit dengan ketentuan Undang-Undang (UU) yang berlaku di Indonesia.

Poin pertama, menurut Amir, Terbit secara sah menjadi ketua karena sesuai dengan UU No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah pada Pasal 76 Huruf (c) dan (h).

“Dalam aturan tersebut dimaksudkan bukan untuk kepengurusan organisasi, melainkan untuk kepengurusan perusahaan dan yayasan,” kata Amir.

Kemudian poin kedua ada di UU No.25 tahun 2008 tentang Pelayanan Publik. Tepatnya pada Pasal 17 huruf (a).

“F-SPTI dan K.SPSI bukan organisasi usaha, tapi organisasi yang memperjuangkan hak-hak buruh,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Amir memaparkan jika pengangkatan Terbit tidak bersinggungan dengan UU No.13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan UU No.21 tahun 2000 tentang serikat pekerja.

Menurut Amir, munculnya dualisme di badan F-SPTI dan K.SPSI sejatinya membuat Terbit khawatir.

“Sebagai seorang bupati, Terbit ingin mengayomi masyarakat Langkat. Ia menginginkan kesejukan dan kesejahteraan di tubuh F-SPTI dan K.SPSI,” pungkasnya.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved