Breaking News:

Pilkada Sumut 2020

Pilkada Samosir, Pemdes Lumban Suhi-suhi Bikin Hitung Cepat Gotong Royong, Ini Pemenangnya

Kepala Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Raja Sondang Simarmata mengatakan, hitung cepat yang digelar pihaknya diberi nama Hitung Cepat Gotong Royong.

TRIBUN MEDAN/HO
SEJUMLAH relawan mengolah data Pilkada Samosir yang masuk dalam program Hitung Cepat Gotong Royong Pemdes Lumban Suhi-suhi Toruan. 

TRIBUN-MEDAN.com, SAMOSIR – Pemerintah Desa (Pemdes) Lumban Suhi-suhi Toruan, kecamatan Pangururan, Samosir membuat gebrakan dengan menggelar hitung cepat Pilkada Samosir, Rabu (9/12/2020).

Kepala Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Raja Sondang Simarmata mengatakan, hitung cepat yang digelar pihaknya diberi nama Hitung Cepat Gotong Royong. Ide dasar kegiatan ini untuk mengetahui hasil Pilkada Samsoir dengan cepat dan berlandaskan semangat gotong royong.

“Kegiatan ini sebagai awal untuk untuk menciptakan keterbukaan informasi yang murah dan mudah diakses oleh masyarakat,” kata Raja Sondang.

Dikatakan Sondang, kegiatan ini didukung penuh oleh Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Samosir, sehingga data hasil Pilkada dapat terkumpul dari hampir semua kepala desa se-kabupaten Samosir melalui organisasi Apdesi.

Sesuai dengan namanya, gotong royong, kata Raja, kegiatan ini mendapat support dari sejumlah teman-teman kuliahnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) yakni ahli matematika alumni S2, Peri Turnip dan beberapa data yang dibutuhkan dibantu adik kelasnya, Andrew Samosir.

Kegiatan ini pun disupport Ibu Kepala Desa sekaligus Kepala PKK Desa Lumban Suhi-suhi Toruan, Stella Florensia Hutajulu, tim admin Rhia Pande, Anggi Simarmata, Kharisma Marina Saurita Simarmata, Devaana Simatupang dan Sekdes Helson Sidabutar.

“Kegiatan ini terlaksana tanpa dana, murni semangat relawan dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Hanya makan malam yang bisa diberikan kepada admin,” kata Raja.

Baca juga: Unggul Hasil Quick Count, Bobby Teleponan dengan Presiden Jokowi

Raja yang juga menjabat Sekjen Apdesi Kabupaten Samosir ini mengatakan, dalam sistem kerja hitung cepat ini, masing-masing kepala desa mengirimkan data hasil TPS di satu grup WA.

Selanjutnya diolah oleh admin menggunakan google spreadsheet secara online.

Kegiatan input data dilakukan di kantor Desa Lumban Suhi-suhi Toruan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved