Breaking News:

Penanganan Covid

Sinode Godang HKBP Ke-65 Disingkat karena Masa Pandemi, Panitia Terapkan Prokes Secara Ketat

- Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) tengah melaksanakan Sinode Godang ke-65 untuk memilih pucuk pimpinan termasuk Ephorus HKBP.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Juang Naibaho
HO / Tribun Medan
Dalam rangka Sinode Godang Ke-65 HKBP Tahun 2020, satu tim Penjinak Bom (Jibom) Detasemen Gegana Sat Brimob Polda Sumut lakukan sterilisasi gedung guna menjamin kelancaran ibadah, di Seminarium HKBP Kecamatan Sipaholon Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (12/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, TARUTUNG - Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) tengah melaksanakan Sinode Godang ke-65 untuk memilih pucuk pimpinan termasuk Ephorus HKBP.

Acara yang dihelat Rabu hingga Sabtu (9-13/12/2020) di Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara, ini berlangsung dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Pada dasarnya mayoritas panitia ya, agak khawatir sih, tapi Ketua Umum sangat semangat supaya terlaksana, ya terlaksanalah dengan protokol kesehatan yang ketat," ujar Pendeta Lelim Yan FransherLimbong, Sekretaris III Panitia Sinode Godang HKBP saat dikonfirmasi pada Kamis (10/12/2020).

Lebih lanjut, ia menuturkan jumlah Urusan Sinode Godang (USG) yang hadir dalam Sinode tersebut.

"Kalau jumlah peserta dari Utusan Sinode Godang (USG) yang terdaftar secara proporsional itu 1001 orang, panitia ada 300 orang, tamu dan peninjau ada kurang lebih 100 orang ya karena ada calon praeses yang tidak terpilih jadi USG misalnya," sambungnya.

Ia menyampaikan bahwa masa jabatan seorang Ephorus HKBP mengalami pergantian sekali dalam empat tahun.

"Pemilihan Ephorus ini dilakukan sekali empat tahun. Ini namanya pemilihan fungsionaris, karena bukan hanya Ephorus yang akan dipilih. Fungsionaris HKBP periode 2020 hingga 2024," sambungnya.

Lebih detail, ia menjelaskan jabatan-jabatan yang akan dipilih dalam sidang Sinode Godang HKBP tersebut.

"Yang dipilih itu meliputi Ephorus, Sekretaris Jenderal HKBP, Kepala Departemen Koinoia HKBP, Kepala Departemen Marturyia HKBP, Kepala Departemen Diakonia HKBP, dan 32 praeses HKBP," sambungnya.

Lebih lanjut, ia juga menguraikan perihal Distrik yang ditangani oleh praeses.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved