Breaking News:

Pemkot Medan Terima Satu Unit Bus Sekolah dari Kemenhub

Pemkot Medan menerima satu unit armada bus sekolah dari Kemenhub RI untuk memberikan pelayanan angkutan umum yang nyaman dan mengurangi kemacetan.

Dok. Humas Pemkot Medan
Bus sekolah dari Kemenhub RI tiba di halaman Balai Kota Medan, Jumat (11/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan menerima satu unit armada bus sekolah dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI).

Pemberian bus tersebut merupakan bagian dari program Kemenhub RI untuk memberikan pelayanan angkutan umum sekolah yang baik, aman dan nyaman.

Tak hanya itu, pemberian armada bus juga termasuk salah satu upaya Kemenhub RI untuk membantu mengurangi kemacetan di Kota Medan.

Selain Pemkot Medan, sejumlah pemerintah daerah di Indonesia juga menerima armada bus sekolah dari Kemenhub RI.

Saat bus sekolah tersebut tiba di halaman Balai Kota Medan, Jumat (11/12/2020), Sekretaris Daereh (Sekda) Kota Medan Wiriya Alrahman didampingi Kepala Badan Pertanahan Daerah (Bappeda) Kota Medan Irwan Ritonga dan Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Iswar Lubis langsung mengecek kondisi dan fasilitasnya.

Usai melakukan pengecekan, Wiriya mengatakan, salah satu penyebab kemacetan di kota adalah keberadaan sekolah di pusat kota.

Apalagi, menurut dia, para siswa banyak yang menggunakan dan diantar memakai kendaraan pribadi. Hal ini tentu akan menambah volume kendaraan di jalan sehingga menyebabkan kemacetan.

Oleh karenanya, sambung Wiriya, jika bus sekolah tersebut bisa digalakkan dan beroperasi secara optimal, maka dapat diprediksi mampu mengurangi kepadatan kendaraan terutama di pusat kota.

"Bisa dibayangkan, ketika kepadatan yang terjadi jika setiap satu siswa diantar dengan satu kendaraan pribadi, sementara, bus sekolah ini mampu membawa 18 siswa dan pasti sudah jauh mengurangi angka kendaraan yang ada di jalan," ujarnya.

Namun, Wiriya mengaku, peralihan kebiasaan dari kendaraan pribadi ke moda transportasi umum, butuh proses dan tidaklah mudah.

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved