Breaking News:

Kabar Terbaru Pilkada di Sumut 2020

Sempat Terjadi Kesalahan, KPUD Karo Lakukan PSU di Satu TPS di Kabanjahe

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, membenarkan jika pelaksanaan PSU ini dilakukan karena sebelumnya terdapat kendala.

TRIBUN MEDAN/M NASRUL
SUASANA Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 25, Kelurahan Lau Cimba, Kabanjahe, Minggu (11/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, KABANJAHE - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo kembali melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kecamatan Kabanjahe.

PSU ini dilakukan di TPS 25, Kelurahan, Lau Cimba, Kabanjahe, Minggu (13/12/2020).

Diketahui, PSU ini dilakukan karena pada saat pemungutan suara yang dilangsungkan pada Rabu (9/12/2020) kemarin sempat terdapat kendala.

Pasalnya, ada dua orang yang terdaftar di dalam DPT namun tidak dapat memberikan hak suaranya. Suaranya telah digunakan oleh orang lain menggunakan surat undangan C6 miliknya.

Ketua KPUD Karo Gemar Tarigan, membenarkan jika pelaksanaan PSU ini dilakukan karena sebelumnya terdapat kendala.

Dirinya mengatakan, sesuai dengan arahan dan rekomendasi dari Bawaslu Karo melalui Panwascam Kabanjahe, jika diputuskan untuk dilakukan PSU.

"PSU ini dilakukan karena ada rekomendasi dari Panwascam untuk dilakukan Pemungutan ulang karena ada sedikit persoalan saat pemungutan kemarin. Untuk itu, hari ini kembali kita lakukan pemungutan suara kembali untuk di TPS ini," ujar Gemar, saat ditemui di lokasi TPS, di Jalan Kota Cane, Kabanjahe.

Amatan www.tribun-medan.com, puluhan masyarakat yang terdaftar di TPS ini terlihat antusias datang untuk kembali memberikan suaranya pada proses PSU ini. Untuk proses pemungutan suara ini, juga terlihat seperti biasanya. Mulai pengecekan protokol kesehatan, hingga proses pemungutan suara secara normal.

Baca juga: Tak Cukup Bukti dan Saksi, Gakkumdu Hentikan Kasus Dugaan Kampanye di Rumah Ibadah

"Memang semua prosedurnya sama dengan pemilihan kemarin, enggak ada yang berbeda," katanya.

Ketika ditanya bagaimana nantinya proses rekapitulasi, Gemar mengatakan jika nantinya hasil dari perolehan suara di TPS akan langsung dibawa ke kecamatan. Dirinya mengatakan, mengingat saat ini suara telah dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan dan untuk di Kecamatan Kabanjahe sendiri masih dalam proses rekapitulasi.

"Nanti setelah selesai penghitungan di TPS, enggak lagi dilakukan rekapitulasi di tingkat desa, tapi akan langsung dilakukan rekapitulasi di tingkat kecamatan," ucapnya.

Dirinya menjelaskan, untuk rekapitulasi di tingkat kabupaten direncanakan akan dilakukan mulai Senin (14/12/2020) besok. Untuk itu, dirinya berharap agar perolehan suara dari TPS 25 ini akan langsung dikirim ke kecamatan untuk dilakukan rekapitulasi.

"Harapan kita, paling lama nanti malam itu sudah sampai ke kecamatan untuk selanjutnya dilakukan rekapitulasi. Untuk di tingkat kabupaten kan mulai kita lakukan rekapitulasi besok, dan mungkin akan berlangsung selama dua hari," ungkapnya.

Di lokasi TPS yang menyelenggarakan PSU ini, terlihat dihadiri oleh Komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara Benget Silitonga. Selain itu, turut hadir ketua Bawaslu Karo Eva Juliani br Pandia, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, Wakapolres Tanah Karo Kompol Hasian Panggabean.(cr4/tribun-medan.com)

Penulis: Muhammad Nasrul
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved