Breaking News:

Pemkab Langkat Tegaskan Haul ke-97 Tuan Guru Babussalam Digelar dengan Protokol Kesehatan Ketat

Tak hanya menerapkan protokol kesehatan secara ketat, jumlah para undangan juga akan dibatasi sesuai anjuran pemerintah.

Dok. Humas Pemkab Langkat
Pemkab Langkat dan sejumlah pejabat terkait menghadiri penandatanganan kesepakatan berita acara pada rapat persiapan haul ke-97 Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (15/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat Basrah Pardomuan Siregar mengatakan, gelaran haul ke-97 Tuan Guru Babussalam Syekh Abdul Wahab Rokan akan diselenggarakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

“Jadi pelaksanaan haul tetap digelar tanpa mengurangi kekhikmatannya,” ujar Basrah.

Pernyataan itu Basrah sampaikan mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana PA usai penandatanganan kesepakatan berita acara pada rapat persiapan haul ke-97 Tuan Guru Babussalam di Ruang Pola Kantor Bupati Langkat, Selasa (15/12/2020).

Keputusan pelaksanaan kegiatan tersebut diambil antara Pemkab Langkat dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Sebagai informasi, haul adalah peringatan yang diadakan setahun sekali bertepatan dengan wafatnya tokoh masyarakat.

Tujuannya untuk mendoakan almarhum agar semua amal ibadahnya diterima Allah SWT, sekaligus mengenang keteladanan tokoh tersebut semasa hidup.

Kegiatan haul sendiri akan digelar di Perkampungan Tarekat Naqsyabandi, Desa Besilam, Kecamatan Padang Tualang, Langkat, Selasa (05/01/2021).

Tak hanya menerapkan prokes, Basrah menjelaskan, jumlah para undangan juga akan dibatasi sesuai anjuran pemerintah.

“Tamu undangan wajib memakai masker dan menjaga jarak. Sebaliknya, kami akan menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan,” katanya, seperti dalam keterangan tertulisnya yang Tribun Medan terima.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia Haul Kades Besilam Ibnu Nasyith berharap pemkab dan unsur Forkopimda Langkat untuk membantu pelaksanaan kegiatan tersebut sesuai tugasnya dengan prokes yang ketat.

“Tugas itu berlaku pula kepada pihak terkait yang tergabung dalam kepanitiaan. Hal Ini karena kita masih dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19,” ucap Ibnu.

Saat ini, lanjut dia, panitia masih mempersiapkan 2000 masker dan 10.000 botol hand sanitizer.

Sementara itu, untuk kekurangan lainnya akan segera dipersiapkan dan didiskusikan dengan anggota panitia secara teknis.

Turut hadir dalam rapat perwakilan dari Kepolisian Resor (Polres) Langkat, Komando Distrik Militer (Kodim) 0203/Langkat, Kementerian Agama (Kemenag) Langkat, dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Langkat.

Selain mereka hadir pula Kejaksaan Negeri (Kejari) Langkat, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Sumatera Utara (Sumut) dan Langkat beserta panitia acara haul.

Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved