Breaking News:

Peringati Hari HAM Internasional, Jokowi Tegaskan HAM Jadi Pilar Kemajuan Bangsa

Jokowi mengatakan, HAM menjadi pilar penting bagi kemajuan bangsa dan meminta Yasonna Laoly menyelesaikan kasus HAM agar segera tuntas.

Dok. Humas Pemkot Medan
Peringatan hari HAM sedunia ke-72 tahun 2020 dan pemberian penghargaan Kabupaten atau Kota peduli HAM secara Virtual, di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatera Utara (Sumut), Medan, Senin (14/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Hak Asasi Manusia (HAM) menjadi pilar penting bagi kemajuan bangsa.

Untuk itu, Jokowi menugaskan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly menyelesaikan kasus HAM agar segera tuntas dan hasilnya diterima masyarakat,  baik di daerah, nasional, maupun internasional.

Hal itu disampaikan Jokowi saat mengikuti peringatan hari HAM sedunia ke-72 tahun 2020 dan pemberian penghargaan Kabupaten atau Kota peduli HAM secara virtual, di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumatra Utara (Sumut), Medan, Senin (14/12/2020).

Dalam acara tersebut, Jokowi juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi aktif pemerintah daerah dalam kesadaran menegakkan HAM di daerahnya.

Salah satu pemerintah daerah yang turut aktif menegakkan HAM di daerahnya yakni Kabupaten Langkat.

Atas keaktifan dan kepeduliannya, selama tiga tahun berturut, Kabupaten Langkat menerima penghargaan Kabupaten Peduli HAM.

Penghargaan diserahkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumut, Sutrisno, dan diterima Bupati Langkat, Terbit Rencana Perangin Angin melalui Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Pemerintahan Basrah Pardomuan Siregar.

Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 10 Desember ini digelar Yasonna Laoly dari Jakarta, secara virtual, dan diikuti Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Ketua Komisi Nasional (Komnas) HAM Ahmad Taufan Damanik beserta jajarannya.

Sementara itu, Yasonna Laoly dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih kepada seluruh kepala daerah se-Indonesia yang telah mengikuti acara peringatan hari HAM sedunia.

Ia juga menjelaskan, pemerintah Indonesia sangat serius dalam menangani kasus HAM di dalam negeri. Ketekunan Indonesia inilah yang akhirnya menorehkan pengakuan secara internasional

Halaman
123
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved