Breaking News:

PWI Langkat Ganti Ketua, Bupati Terbit Janjikan Hal Ini Kepada Para Wartawan

Bupati Langkat Terbit Rencana PA berjanji akan membangun iklim pers yang lebih sejuk bagi masyarakat Langkat.

DOK. Pemkab Langkat
Acara konferensi PWI Langkat, Selasa (15/12/2020), menandai terpilihnya Muhammad Darwis Sinulingga sebagai Ketua PWI Langkat yang baru dan mengakhiri masa jabatan Heri Syahputra Ginting. 

TRIBUN-MEDAN.comBupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin mengatakan pihaknya akan selalu membangun iklim pers yang nyaman dengan menguatkan koordinasi dan komunikasi para wartawan di Kabupaten Langkat.

Menurutnya, organisasi profesi jurnalis berperan penting dalam komunikasi pemerintah daerah dengan masyarakat.

“Adanya pers membantu penyampaian informasi tentang kinerja pemerintah kepada masyarakat,” ungkapnya.

Perkataan Terbit ini disampaikan melalui Staf Ahli Bupati Langkat Bidang Ekonomi dan Keuangan, Mulyono, dalam acara Konferensi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Langkat tahun 2020, Selasa (15/12/2020).

Konferensi ini sekaligus menandai berakhirnya masa bakti Heri Syahputra Ginting sebagai Ketua PWI Langkat untuk periode 2016-2020.

Untuk menggantikan posisi Heri, PWI Langkat mengadakan agenda pemungutan suara. Kandidat yang dicalonkan adalah Heri Syahputra Ginting dan Muhammad Darwis Sinulingga.

Dari hasil voting tersebut, Darwis keluar sebagai pemenang dengan memperoleh 14 suara. Heri, di sisi lain, harus berpuas diri tertinggal 3 suara dari Darwis.

Sebagai informasi, terpilihnya Darwis sebagai Ketua PWI Langkat didasarkan pada Surat Keputusan (SK) PWI Sumatera Utara (Sumut) No.52/SK/PWI-SU/XII/2020 tentang susunan pengurus PWI Kabupaten Langkat masa bakti 2020-2023.

Dalam pidato tak langsungnya, Terbit tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Heri atas kontribusinya selama menjabat sebagai Ketua PWI Langkat dalam empat tahun terakhir.

“Saya berharap akan ada warna baru bagi penguatan informasi secara profesional, adil, dan berimbang. Nantinya pers harus memiliki kepekaan nurani terhadap pemberitaan yang berpotensi menimbulkan keresahan,” bunyi pidato Terbit.

Masih dalam kesempatan yang sama, Ketua PWI Sumut Hermansjah berharap ke depannya PWI Langkat dapat segera melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) sesuai dengan instruksi yang diberikan Dewan Pers.

“Dengan banyaknya UKW yang diadakan kepada organisasi-organisasi wartawan, semoga nantinya akan meningkatkan kemampuan jurnalistik insan pers,” tuturnya.

Hermansjah juga mengajak segenap insan pers untuk meningkatkan kecerdasan melalui peningkatan literasi di masyarakat, menjaga iklim kondusif di setiap tulisan dan tayangan yang disajikan, serta memberikan kritik yang sehat untuk perbaikan kinerja pemerintah.

Lebih lanjut, Ketua Panitia Konferensi Imam Fauzi melaporkan, saat ini PWI Langkat memiliki total 33 anggota yang aktif berkecimpung di dunia pers, mulai dari wartawan televisi, radio, media cetak, dan media online.

“Dari total 33 orang, 26 orang diantaranya anggota biasa, sedangkan 7 lainnya anggota muda. Sedangkan yang ikut memilih ada 25 orang (anggota biasa), sebab 1 orang yang memiliki mandat memilih tidak hadir,” ungkapnya.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved