Breaking News:

Sambut Perayaan Natal dan Tahun Baru, Pemkot Medan Amankan Gereja bersama Polrestabes Medan

Pemkot Medan bekerja sama dengan Polrestabes Medan untuk mengamankan perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru 2021 dengan menempatkan sejumlah personil.

Dok. Humas Pemkot Medan
Rapat Koordinasi tentang antisipasi terhadap situasi kondisi menjelang pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah Sumut pada masa pandemi Covid-19 di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut (Gubsu), Jalan Sudirman Medan, Senin (14/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Medan bekerja sama dengan Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan, Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Belawan, serta Komandan Dandim (Kodim) 0201/BS siap mengamankan perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru 2021.

Selain pengamanan gereja, Pemkot Medan juga akan menempatkan personil di seluruh posko komando taktis (Poskotis) yang ada di Kota Medan.

Pengamanan itu dilakukan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani untuk melaksanakan ibadah Natal sekaligus merayakan Tahun Baru 2021.

Untuk mempersiapkan kerja sama tersebut, Asisten Administrasi Umum (Asmum) Kota Medan Renward Parapat menghadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Cipta Kondisi Keamanan Sumatera Utara (Sumut) di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut (Gubsu), Jalan Sudirman Medan, Senin (14/12/2020)

Adapun rapat tersebut membahas tentang antisipasi terhadap situasi dan kondisi menjelang pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2021 di wilayah Sumut pada masa pandemi Covid-19.

Dalam rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumut (Provsu) Sabrina, Renward mengungkapkan, Kementeran Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 23 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.

“Dalam SE ini, sudah dijelaskan secara rinci tata cara pelaksanaan ibadah Natal. SE ini juga sudah disampaikan ke seluruh jajaran Kemenag, termasuk rumah ibadah," katanya mewakili Pelaksana Harian (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution.

Selain sudah disampaikan kepada pemerintah daerah, Renward mengaku telah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kota Medan tentang SE tersebut.

Dengan adanya SE dari Kemenag RI tersebut, Renward berharap seluruh umat Kristiani di Kota Medan dapat menjalankannya, terutama pada pelaksanaan ibadah Natal.

Terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021, Renward mengatakan, seperti tahun lalu, Pemkot Medan juga akan menurunkan petugasnya.

Halaman
12
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved