Breaking News:

Antisipasi Kurangnya Transfer Dana ke Daerah, Bupati Deli Serdang Susun Kebijakan Baru

Dalam acara penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik, Ashari Tambunan memaparkan beberapa terobosan kebijakan baru terkait trasfer dana desa.

DOK. Pemerintah Kabupaten Deli Serdang
Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan terlihat menyerahkan penghargaan kepada pejabat setempat dalam acara Tunggul Kecamatan Terbaik Deli Serdang, Kamis (17/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan mengatakan, untuk membentuk kemandirian dan mengantisipasi berkurangnya transfer dana ke daerah, harus ada terobosan kebijakan yang perlu dilakukan.

“Ada tiga terobosan kebijakan yang perlu dicanangkan. Semuanya ini dilakukan dengan mengedepankan perubahan aturan yang akan menjadi landasan hukum,” terang Ashari dalam laporan tertulisnya, Kamis (16/12/2020).

Pertama, menurut penuturan Ashari, terkait pengaturan pelimpahan kewenangan kepada camat. Ini dimaksudkan agar para camat memiliki legalitas dan kewenangan yang lebih besar dan bisa mengikutsertakan seluruh kepala desa dan lurah di wilayahnya.

“Kedua, pengambilan kebijakan ada baiknya lewat Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pelayanan Terpadu Administrasi Kecamatan (Paten),” lanjutnya.

Kemudian yang ketiga, Ashari melanjutkan, terkait Perbup mengenai optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD), diikuti dengan pembentukan tim optimalisasi yang terintegrasi dengan penguatan melalui penambahan personil seksi ketentraman dan ketertiban (trantib) kecamatan.

Menurut Ahsari, hal ini penting untuk membantu melaksanakan pengawasan bagi pendataan potensi, guna intensifikasi dan ekstensifikasi PAD yang lebih optimal.

“Kuncinya ada di kerja keras dan kesungguhan para camat, kepala desa, dan lurah. Mereka adalah tumpuan kemandirian Kabupaten Deli Serdang,” ujarnya.

Ucapan tersebut disampaikan Ashari dalam acara penyerahan Tunggul Kecamatan Terbaik Tingkat Deli Serdang, di halaman Kantor Bupati Deli Serdang, Kamis (17/12/2020).

Dalam acara ini, Ashari secara simbolis menyerahkan penghargaan Tunggul Kecamatan Terbaik kepada Camat Ismail yang berhasil membawa Kecamatan Sunggal keluar sebagai pemenang.

Selain itu, acara ini juga mengadakan penyerahan piagam penghargaan kepada 90 orang kepala desa (kades) yang telah melaksanakan tugas dengan baik menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahun 2020.

Acara ini dimeriahkan pula dengan pemberian piagam penghargaan dan tali asih kepada 99 atlet dan pelatih berprestasi tahun 2020. Untuk menghemat waktu, penyerahan secara simbolis dilakukan kepada 10 perwakilan atlet dan pelatih.

Sebagai informasi, selain Ashari, acara ini juga dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Deli Serdang Ali Yusuf Siregar, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Deli Serdang Darwin Zein, Ketua Komite Olahraga Nasional (KONI) Deli Serdang Khairullah Siregar, serta para camat dan organisasi perangkat daerah (OPD) di Deli Serdang.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved