Breaking News:

Bupati Terbit Minta OPD Pemkab Langkat Disiplin dan Tertib Administrasi Keuangan

Hal ini karena terdapat beberapa kesalahan administrasi di sejumlah laporan keuangan TA 2020 dari beberapa dinas di jajaran Pemkab Langkat.

Dok. Humas Pemkab Langkat
Bupati Langkat Terbit Rencana PA menerima kunjungan dari Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Eydu Oktain Panjaitan bersama rombongan, di Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Kamis (17/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.comBupati Langkat Terbit Rencana PA memberikan arahan, agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat bersih dari permasalahan administrasi keuangan.

Hal ini karena, terdapat beberapa kesalahan administrasi di sejumlah laporan keuangan Tahun Anggaran (TA) 2020 dari beberapa dinas di jajaran Pemkab Langkat.

Untuk itu, Terbit meminta kepada Sekretaris Daerah (Sekda) agar segera meneruskan kepada para organisasi perangkat daerah (OPD) supaya bersungguh-sungguh dan disiplin dalam tertib administrasi keuangan.

“Jadi, apa yang kurang diperbaiki dan ke depannya selalu disiplin dalam tertib administrasi. Harapan saya, Pemkab Langkat harus dapat kembali menerima Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan TA 2020,” tegasnya.

Pernyataan tersebut Terbit katakan saat menerima kunjungan dari Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) perwakilan Sumatera Utara (Sumut) Eydu Oktain Panjaitan bersama rombongan, di Rumah Dinas Bupati Langkat, Stabat, Kamis (17/12/2020).

Tak lupa, Terbit turut mengucapkan terima kasih kepada tim BPK RI perwakilan Sumut yang telah berkunjung.

“Kami berharap, ke depan BPK terus memberikan bimbingan dan arahan dalam penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) terkait laporan keuangan Pemkab Langkat,” ucapnya, seperti dalam keterangan tertulis yang Tribun Medan terima, Jumat (18/12/2020).

Sebelumnya, Eydu mengatakan, di waktu yang tersisa ini Pemkab Langkat mampu memaksimalkan perbaikan laporan keuangan dari penyerapan APBD Langkat.

Maka dari itu, ia meminta kepada Bupati Langkat agar segera menginstruksikan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di wilayahnya supaya bersungguh-sungguh dalam tertib administrasi.

“Khususnya tertib administrasi dalam penyelesaian laporan keuangan dan aset. Hal ini agar ke depannya tidak menjadi masalah,” pinta Eydu.

Dengan begitu, lanjut dia, Pemkab Langkat dapat terus mempertahankan predikat opini WTP pada laporan keuangan TA 2020, serta menjadi contoh kabupaten dan kota yang lainnya di Sumut.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Langkat Indra Salahudin, Pelaksana Tugas (Plt) Asisten I Pemerintahan Basrah Pardomuan, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) M. Iskandarsyah dan Inspektur Amril sebagai pendamping Bupati Langkat.

Penulis: Dwi Nur Hayati
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved