Breaking News:

DPRD Langkat Gelar Rapat Paripurna, Paparkan Capaian Satu Tahun Terakhir

Dalam gelaran rapat paripurna tersebut, DPRD Langkat menekankan ada 9 perda yang berhasil lolos dalam kurun waktu 2019-2020.

DOK. Pemerintah Kabupaten Langkat
Gelaran sidang paripurna oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Langkat yang dipimipin oleh Wakil Ketua DPRD Ralin Sinulingga, bertempat di Gedung DPRD Langkat, Stabat, Jumat (18/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Juru Bicara Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Langkat Zuhuriah Wista Gurusinga mengatakan, terdapat total 9 peraturan daerah (perda) yang berhasil ditetapkan DPRD Langkat dalam 2 tahun terakhir.

“Dari masa sidang pertama sampai ketiga tahun 2019-2020, ada 9 judul rancangan peraturan daerah (ranperda) yang telah dibahas DPRD dan sudah ditetapkan menjadi perda,” ujar Zuhuriah.

Dari 9 perda ini, Zuhuriah menjelaskan, 5 diantaranya merupakan inisiatif yang digagas oleh Pemkab Langkat.

“Pemkab Langkat menyusun 2 Ranperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan 3 Ranperda Umum,” tambahnya.

Dalam rapat paripurna tersebut, Zuhuriah menjelaskan, DPRD Langkat bertanggung jawab mewujudkan efisiensi, efektivitas, produktivitas, dan akuntabilitas penyerapan anggaran pemerintah daerah melalui pelaksanaan hak, kewajiban, tugas, wewenang, dan fungsi.

“Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah dan Peraturan DPRD Langkat Nomor 7 Tahun 2019 tentang tata tertib DPRD Langkat,” jelasnya.

Zuhuriah menjelaskan, berdasarkan kedua sumber hukum tersebut, DPRD memiliki 3 fungsi utama yang akan selalu dilaksanakan.

“Pertama ada fungsi pembentukan perda yang diwujudkan dalam pembentukan bersama bupati. Kemudian ada fungsi anggaran yang diwujudkan melalui penetapan APBD,” terangnya.

Untuk fungsi yang ketiga, kata Zuhuriah adalah pengawasan yang diwujudkan dengan pengawasan terhadap perda, peraturan bupati (perbup), peraturan lain yang dibuat Pemkab Langkat.

Sebagai informasi, gelaran rapat paripurna ini dilakukan dalam rangka penyampaian laporan kinerja alat kelengkapan DPRD Langkat tahun anggaran 2020, bertempat di Gedung DPRD Langkat, Stabat, Jumat (18/12/2020).

Dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Langkat Indra Salahudin datang  mewakili Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin yang berhalangan hadir.

Selain Indra, beberapa pejabat Pemkab dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Langkat juga hadir dalam rapat yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Ralin Sinulingga tersebut.

Melalui Indra, Terbit mengucapkan terima kasih kepada DPRD Langkat atas kerja sama dan dedikasi yang diberikan. Ia juga meminta DPRD Langkat untuk selalu amanah dalam menjalankan tugas.

“Kerja sama dan dedikasi adalah bentuk kepedulian terbaik sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing, sekaligus menjadi bukti pelaksanan amanah jabatan yang diberikan oleh rakyat,” kata Terbit.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved