Breaking News:

Libur Natal dan Tahun Baru Kian Dekat, Pemkot Medan Gencar Tegakkan Prokes

Jelang perayaan libur Natal dan Tahun Baru 2021, Pemkot Medan melakukan sejumlah razia di pasar, swalayan, dan jalan raya.

DOK. Pemerintah Kota Medan
Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan tengah melakukan razia di sejumlah gerai restoran yang beradai di Plaza Medan Fair, Kamis (17/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan melalui Tim Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Medan semakin gencar melakukan penegakan protokol kesehatan (prokes).

Pengalakkan protokol ini didasarkan pada Peraturan Wali Kota (Perwalkot) Medan Nomor 27 Tahun 2020 mengenai pedoman adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi Covid-19.

Perwalkot tersebut secara tegas mengatur prokes pada berbagai sektor. Salah satu sektor yang gencar mendapat razia Perwalkot adalah pusat perbelanjaan, seperti pasar, plaza, atau swalayan.

Untuk razia kali ini, masker dan prokes dipusatkan di kawasan Pasar Petisah dan Plaza Medan Fair yang terletak di Jalan Gatot Subroto Medan, Kamis (17/12/2020).

Razia ini dipimpin langsung oleh Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan, Rahmat Adisyahputra Harahap.

Tim Satgas dengan cepat melakukan penindakan kepada warga yang tidak mengenakan masker saat berada di lokasi tersebut. Penindakan berupa penahanan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Khusus pada pusat kuliner seperti restoran yang berada di Plaza Medan Fair, Tim Satgas juga mengecek kepatuhan manajemen toko, restoran, dan cafe dalam menerapkan prokes pada gerainya.

Adapun prokes yang harus dipatuhi setiap tempat usaha yakni menjaga jarak lebih kurang 1,5 meter bagi para pengunjung restoran dengan menetapkan meja yang dapat ditempati maupun tidak dengan cara memberi tanda silang. Hal ini termasuk diantaranya menata jarak saat pengunjung mengantri di kasir.

Selain itu, ketersediaan hand sanitizer atau tempat mencuci tangan serta kelengkapan pramusaji dan pegawai toko sesuai dengan peraturan yang berlaku seperti face shield, masker, serta penyemprotan disinfektan.

Berdasarkan hasil pemantauan, terdapat 25 gerai baik toko elektronik, toko ponsel, cafe, dan restoran yang mendapat teguran karena melanggar prokes.

Halaman
123
Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved