Breaking News:

Mulai Hari Ini Bandara Kualanamu Terima Layanan Rapid Test Antigen, Ini Syaratnya

Bandara Kualanamu resmi menerima pelayanan Rapid Test Antigen hari ini, Jumat (18/12/2020)

Penulis: Kartika Sari | Editor: Juang Naibaho
TRIBUN-MEDAN.com/Kartika Sari
Tenaga Kesehatan melakukan proses Rapid Test Antigen kepada calon penumpang di Bandara Kualanamu, Lantai 2 Ruang Mezanine, Jumat (18/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Bandara Kualanamu resmi menerima pelayanan Rapid Test Antigen mulai hari ini, Jumat (18/12/2020)

Humas Angkasa Pura II, Humas AP II Kualanamu, Mulia Rahman membenarkan bahwa Rapid Test Antigen sudah berlaku di Kualanamu per tanggal 18 Desember 2020.

"Kualanamu sudah ada melayani Rapid Test Antigen tanggal 18 Desember ini. Untuk stok kita selalu ada dengan melakukan kerjasama dengan Kimia Farma," ungkap Mulia kepada Tribun Medan.

Amatan Tribun Medan, tampak puluhan penumpang mengantri di ruang tunggu lantai 2 bandara tepatnya di ruang Mezanine untuk mendapatkan layanan tes yang dapat digunakan penumpang sebagai syarat untuk melakukan perjalanan ke luar kota.

Marketing Lab Kimia Farma, Astrid Nabila mengungkapkan pelayanan perdana untuk Rapid Test Antigen cukup ramai yang mencapai 100an lebih peserta Rapid. Selain itu, per harinya Bandara Kualanamu menyediakan stok mencapai 500 alat Rapid Tes Antigen.

"Untuk hari pertama ini karena baru keluar peraturan dari pemerintah tadi malam jadi kita sudah mulai stok pemeriksaan untuk Rapid Test Antigen. Hari pertama itu ramai sekali yang biasanya pasien itu tidak sampai 100, ini sampai 100 lebih. Untuk penyediaannya, Hari ini stok 500 dulu, nanti kita lihat kalau memang rame yang datang, kita tambah lagi stoknya," ujar Astrid.

Bandara Kualanamu membuka layanan Rapid Test Antigen setiap hari mulai pukul 04.00 WIB sampai 19.30 WIB dengan biaya Rp 200 ribu per orang.

Astrid menyebutkan, Rapid Antigen berbeda dengan rapid biasanya, dimana rapid Antigen lebih fokus terhadap pemeriksaan virus itu sendiri. Sehingga, hasil yang didapat lebih akurat.

"Perbedaannya dengan rapid biasa, kalau rapid biasakan pemeriksaan antibodi, kalau antigen pemeriksaan protein dari si virus ini. Jadi lebih tepatnya pemeriksaan anti gen dengan antibodi," jelasnya.

Kata Astrid, selain Bandara Kualanamu, pemeriksaan untuk Rapid Antigen dapat dilakukan di dua titik lokasi Lab Kimia Farma, yang terletak di Jalan Palang Merah dan Jalan Kartini seharga Rp 250 ribu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved