Breaking News:

KMP Pora Pora Resmi Layani Jalur Balige-Onan Runggu Mulai 21 Desember 2020

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Pora Pora ini beroperasi perdana pada Kamis (16/12/2020) dengan rute penyeberangan Balige – Onan Runggu.

Penulis: Maurits Pardosi | Editor: Royandi Hutasoit
TRIBUN MEDAN / ist
KMP Pora Pora Mulai Layani Rute Balige-Samosir 

TRIBUN-MEDAN.com, BALIGE – Menjelang liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru), masyarakat yang akan menyeberang dari Samosir ke Balige dan sebaliknya sudah semakin mengalami kelancaran melalui beroperasinya kapal KM Pora Pora.

Kapal ini diperuntukkan mengangkut penumpang dan kendaraan dengan kapasitas yang sudah ditentukan.

Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Pora Pora ini beroperasi perdana pada Kamis (16/12/2020) dengan rute penyeberangan Balige – Onan Runggu.

Sambil membenahi persiapan di pelabuhan Balige, KMP ini dipastikan mengangkut para penumpang dan kendaraan dari Balige – Onan Runggu, penyeberangan dua kabupaten; Toba dan Samosir.

“Kebetulan tanggal 16 kemarin, kapal sudah mulai beroperasi. Tetapi yang mereka bawa adalah orang dan roda dua yakni dengan kapal Pora Pora dan sudah beroperasi di pelabuhan Balige. Jadi, karena kebetulan kondisi pelabuhan Balige itu dalam peningkatan, namanya peningkatan pemasangan MB nya itu belum ini, harus pakai alatlah, ada yang khusus,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Toba Ojak Samosir saat dikonfirmasi pada Sabtu (19/12/2020) .

Baca juga: MULANYA Pengin Liburan 2 Minggu, Kejebak Covid-19 Tak Bisa Pulang, Kini Berbulan bulan di Australia

Baca juga: WHATSAPP TERKINI - Daftar Smartphone tak Bisa Whatsapp 2021, HP Android dan iOS iPhone Tipe Tertentu

Dengan segala persiapan matang dan sudah diluncurkan, ia juga pastikan bahwa pada Senin (21/12/2020) KPM Pora Pora akan mengangkut penumpang dan kendaraan.

Hal ini juga dilakukan bertepatan dengan liburan Natal dan Tahun Baru yang kian mendekat.

“Dipastikan itu KM Porapora akan mengangkut penumpang dan kendaraan roda empat dan sejenisnya nanti itu nanti pada tanggal 21. Terkait jadwal penyeberangan sudah kita buat dan akan kita share lagi nanti,” sambung Sekdishub Ojak Samosir.

Ia juga menuturkan perihal sejumlah kapal yang digerakkan dalam penyeberangan Toba, Humbahas menuju Samosir serta sebaliknya.

“Jadi kan yang untuk Simanindo-Ambarita itu ada dua itu kapal penyeberangan, yakni Tao Toba I dan Tao Toba II. Terus untuk milik swasta di KSPN dari Ajibata ke Tomok itu ada dua kapal, miliknya PT Gunung Hijau Megah. Dan selanjutnya dari Muara lintas penyeberangan Muara-Sipinggan itu ada kapal milik swasta,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan rincian muatan KM Pora Pora yang segera akan melayani penyeberangan Balige - Onan Runggu.

“Jadi kan untuk sementara sesuai dengan kapasitas bahwa KMP Porapora itu dapat itu mengangkut 22 malah 24 untuk roda empat dan penumpangnya sekitar 80 orang. Jadi kan ada jadwal dan rute masing-masing mereka, operator yang bermohon kepada pihak regulasi. Regulasi memberikan izin sesuai dengan permohonan mereka. Ini kan bisa berubah-ubah setiap hari, artinya sesuai dengan kebutuhan. Untuk KMP Porapora ini khusus lintas penyeberangan Balige- Onan Runggu, tetapi untuk jadwal dan rute itu tiga trip satu hari. Bila nanti ada peningkatan penumpang, tentu akan mereka tambah pelayanan selama 24 jam, itu kan milik pemerintah,” tambah Ojak Samosir.

“Masalah tarif, itu kan sudah diatur melaui peraturan gubernur karena ini kan lintas antar kabupaten. Nah, di pelabuhan itu akan terpampang kapan jadwal berangkatnya dan berapa tarifnya, jasa rahardjanya berapa,” pungkasnya.

(cr3/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved