Breaking News:

Peringkat Tiga UTBK Tertinggi Nasional, SMA Del Sudah Terapkan Soal UTBK Sejak Tahun Ketiga

Berada urutan ketiga, SMA Del yang terletak di kecamatan Laguboti, Toba Samosir ini berhasil mendapatkan poin rata-rata 654,285. 

TRIBUN MEDAN/HO
SISWA SMA Del saat melakukan kegiatan praktikum di laboratorium fisika beberapa waktu lalu sebelum pandemi. 

Tribun-Medan.com, Medan - Sekolah Unggulan Del Sumut berhasil membawa harum nama Sumatera Utara dengan masuk jajaran 3 besar SMA dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi tingkat nasional yang dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) beberapa waktu lalu.

Kepala SMA Del, Ariani Desianti Parawi mengungkapkan rasa syukur dan bangga saat mengetahui sekolah yang ia pimpin berhasil masuk ke jajaran tiga sekolah dengan nilai UTBK tertinggi tingkat nasional.

"Saya tidak menyangka namun tentunya bangga dengan hasil ini. Anak-anak angkatan 6 ini di tengah situasi pandemi dan mungkin persiapannya terganggu karena semua harus dirumah saja saat itu, tapi ternyata mereka bisa beri hasil maksimal. Saya langsung share ke anak-anak dan tanggapan mereka langsung begitu antusias dan turut mengucapkan selamat," ungkap Arini kepada Tribun-Medan.com, Sabtu (19/12/2020).

Berada urutan ketiga setelah SMA Unggulan MH Thamrin Jakarta dan MAN Insan Cendekia Serpong, SMA Del yang terletak di kecamatan Laguboti, Toba Samosir ini berhasil mendapatkan poin rata-rata 654,285. 

Adapun rincian hasil dari Tes Potensi Skolastik berupa peringkat 1 untuk pengetahuan kuantitatif, peringkat 2 pemahaman baca tulis, peringkat 7 penalaran umum, peringkat 18 pengetahuan dan pemahaman umum.

Dikatakan Arini, meraih peringkat tiga besar dibutuhkan persiapan yang matang. Arini menuturkan SMA Del telah melakukan persiapan selama setahun untuk UTBK berbarengan dengan persiapan kelulusan sekolah atau UNBK.

"Anak-anak yang mau PTN sejak Agustus sudah kita bimbing. Jadi SMA Del untuk Juli hingga Desember itu fokus dulu untuk kelulusan sekolah UNBK. Tapi sambil persiapan, kita sudah mulai masukkan soal UTBK, jadi kita ada kombinasi," ujar Arini.

Dikatakannya,  persiapan UTBK sudah dimulai sejak awal semester kedua dengan sudah mengenalkan soal-soal untuk tingkat ujian masuk perguruan tinggi.

"Masuk semester dua di bulan Januari itu biasanya kita sudah mulai fokus untuk 100 persen persiapan UTBK. Soal yang diberikan ke siswa itu semua sudah level ujian masuk perguruan tinggi. Jadi semua itu dipantau, termasuk pelaksanaan try out udah dilakukan bulan Agustus di tahun sebelumnya," tutur Arini.

Tidak hanya memfokuskan anak untuk akademik, Arini menjelaskan bahwa SMA Unggulan DEL turut memperhatikan bakat dan minat siswa agar dapat terkontrol untuk memantapkan jurusan di perguruan tinggi.

"Tahun ketiga kita sudah fokus untuk anak-anak masuk PTN. Kita mengontrol juga dengan lakukan bakat minat. Kita bantu dengan mengundang lembaga psikologi untuk melakukan tes bakat minat termasuk bedah karir yang mengundang para profesional datang ke sekolah untuk seminar agar anak-anak yakin untuk memilih jurusan," tuturnya.

Setelah mengikuti berbagai seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri/Swasta, per bulan September 2020 terdapat 145 dari 150 siswa angkatan 6 SMA Unggul Del yang berhasil melanjutkan pendidikan di tingkat yang lebih tinggi. Dari 145 anak tersebut, 43 anak berhasil lulus di ITB, 25 anak lulus di USU, dan 14 anak lulus di UI.

"Kalau untuk SMA Del, hasil LMPT ini bisa jadi evaluasi untuk penyusunan program akademik yang signifikan dan lebih baik kedepannya. Kemudian untuk siswa, pencapaian UTBK tahun ini bisa menjadi penyemangat agar mereka lebih giat lagi belajar untuk persiapan mereka untuk menghadapi UTBK tahun depan," pungkas Arini.(cr13/Tribun-Medan.com)

Penulis: Kartika Sari
Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved