Golkar Juara Umum Pilkada Serentak di Sumut, PDIP Cuma Menang 13 Daerah

Partai Golkar paling banyak berkoalisi dan menempatkan kadernya dalam memenangkan kontestasi Pilkada Serentak 2020 di 23 kabupaten/kota di Sumut

Penulis: Liska Rahayu | Editor: Juang Naibaho
Tribun Medan
Ketua DPD Partai Golkar Sumut Musa Rajekshah memimpin rapat konsolidasi secara virtual dengan pengurus dan partai se-Sumut di Kantor DPD Partai Golkar Sumut Jalan Wahid Hasyim, Medan, Sumut, Kamis (10/12).TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Partai Golkar paling banyak berkoalisi dan menempatkan kadernya dalam memenangkan kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di 23 kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut), pada 9 Desember lalu.

Sedangkan kemenangan PDIP dan Gerindra masih di bawah Golkar.

Dari 23 kabupaten/kota di Sumut yang menyelenggarakan pesta demokrasi, Golkar meraih kemenangan di 16 daerah.

Sedangkan PDIP sebagai partai pemenang Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, hanya memenangkan 13 daerah.

Sementara Demokrat hanya meraih sembilan kemenangan dalam Pilkada Sumut. Kemenangan ini juga dibarengi koalisi partai.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), Minggu (20/12/2020), Golkar meraih kemenangan koalisi pilkada di Kota Medan, Binjai, Pematang Siantar, Tanjung Balai, Gunung Sitoli, Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu dan Kabupaten Samosir.

Selain itu, Golkar berhasil memenangkan pilkada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Humbang Hasundutan (Humbahas), Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Nias.

Golkar kalah dalam mengusung kepala daerah di Pilkada Kota Sibolga, Kabupaten Tanah Karo, Labuhan Batu Selatan, Toba, Nias Utara, Nias Selatan dan Nias Barat.

Ketua DPD I Golkar Sumut, Musa Rajekshah mengatakan, kemenangan Golkar Sumut membuka harapan baru dalam menyongsong pemilu serentak yakni, pemilihan kepala daerah, pemilu legislatif hingga pemilihan presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Golkar Sumut optimistis bisa meraih kemenangan dalam pesta besar demokrasi tersebut.

Meski meraih kemenangan terbesar dalam pilkada serentak di Sumut, Musa Rajekshah yang akrab dengan panggilan Ijeck, menyebutkan Golkar tidak akan terlena.

Sebaliknya, Golkar Sumut bersama pengurus kabupaten/kota hingga tingkat kecamatan, akan tetap terus bekerja keras dalam meraih simpati masyarakat.

"Saya sudah menginstruksikan kepada seluruh pengurus di daerah agar terus melaksanakan kegiatan sosial di tengah masyarakat. Golkar tidak boleh lagi ada di tengah masyarakat di saat momen-momen tertentu seperti pilkada maupun pesta besar lainnya. Namun Golkar juga harus selalu hadir kapan saja jika dibutuhkan masyarakat. Keberadaan Golkar harus dirasakan dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Ijeck, Minggu (20/12/2020).

Sementara itu, PDIP dalam koalisi partai dalam pilkada, meraih kemenangan di Kota Medan, Pematangsiantar, Tanjung Balai, Gunung Sitoli, Serdang Bedagai, Madina, Humbahas, Tapanuli Selatan, Pakpak Bharat, Nias, Labuhan Batu Selatan, Toba dan Nias Selatan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved