Breaking News:

Penanganan Covid

Presiden Gratiskan Vaksin Covid-19, Pemko Medan Targetkan Januari 2021 Sudah Masuk

Edwin menyebutkan untuk di Kota Medan ditargetkan Januari 2021, vaksin akan masuk. 

Penulis: Victory Arrival Hutauruk | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
T RI BUN-MEDAN.com/Maurits Pardosi
KEPALA Dinas Kesehatan Medan, Edwin Effendy. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa pemerintah akan menggratiskan semua vaksin Covid-19 bagi warga Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengatakan, apabila hal tersebut digratiskan, maka pihaknya juga akan mengikuti arahan pemerintah pusat. 

"Kalau bisa disediakan ya digratiskanlah, itu kebijakan nasional. Jadi kita masih menunggu kebijakan secara nasional untuk pembagian vaksin," katanya, pekan lalu. 

Edwin menyebutkan untuk di Kota Medan ditargetkan Januari 2021, vaksin akan masuk. 

"Ditargetkan mulai Januari. Tapi nanti tergantung kesiapan menyeluruh. Mulai dari kelayakan dan keamanan vaksin baru bisa dilakukan penyuntikan," tutur Edwin. 

Edwin membeberkan, saat ini vaksin sinovac masih dalam tahap uji klinis tahap akhir. 

"Vaksinnya masih didistribusikan secara nasional dari pusat. Itupun masih uji klinik tahap akhir. Masih ada izin pemakaian karenakan sudah ada pemeriksaan kesiapan dari BPPOM itu," katanya.

Edwin  menyebutkan, karena jumlahnya yang terbatas, nantinya prioritas penerima vaksin masih akan dilakukan kepada tenaga kesehatan, pelayanan publik hingga ke masyarakat umum. 

"Nanti diberikan bertahap, tenaga kesehatan, tenaga keamanan, pelayanan publik, masyarakat. Karena yang masuk nanti terbatas jadi untuk 1,2 juta secara nasional dibagi  34 provinsi. Jadi masih kita tentukan prioritasnya untuk berdasarkan kebutuhan lebih dulu," bebernya. 

Edwin menambahkan, nantinya akan ada dua jenis vaksin yang diedarkan.

"Vaksin sinovac dan vaksin merah putih itu produk kita. Nanti ke depan setelah dimulai baru penyiapan vaksin merah putih (nasional)," bebernya.(vic/tribun-medan.com)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona.

Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Medan mengajak seluruh Tribuners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved