Breaking News:

Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Medan Imbau Warga Disiplin Terapkan Prokes

Untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Medan, Tim Satgas Covid-19 melakukan beberapa kali operasi guna mendisiplinkan aturan prokes.

DOK. Pemerintah Kota Medan
Tim Gabungan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Medan terlihat memberi arahan dan imbauan kepada para pengunjung yang sedang berolahraga pagi di kawasan Lapangan Merdeka, Kota Medan, Minggu (20/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kota Medan memberikan imbauan kepada warga yang terlihat asyik berolahraga di kawasan Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (20/12/2020).

Imbauan ini dilakukan guna memastikan penegakkan Peraturan Wali Kota Medan (Perwalkot) Nomor 27 Tahun 2020 mengenai Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Masa Pandemi Covid 19.

Perwalkot tersebut secara tegas mengatur protokol kesehatan (prokes) di berbagai sektor, termasuk peraturan di tempat yang berpotensi memunculkan kerumunan.

Adapun prokes yang harus dilaksanakan antara lain memakai masker, mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, dan menjaga jarak (3M).

Sebelum melakukan pemantauan, Tim Satgas yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Medan dan Dinas Pariwisata (Dinpar) Kota Medan terlebih dahulu melakukan apel di Lapangan Merdeka.

Acara apel pagi tersebut dipimpin langsung Kepala Seksi (Kasi) Pembinaan dan Penyuluhan Satpol PP Kota Medan Irfan. 

Usai melaksanakan apel, Tim Satgas kemudian dibagi menjadi dua tim yang langsung bergegas menuju ke titik yang telah ditentukan.

Dalam menjalankan tugas, Tim Satgas menemukan beberapa pengunjung Lapangan Merdeka yang tidak menaati prokes.

Melihat kondisi tersebut, Tim Satgas turun langsung memberi arahan kepada para pengunjung yang tidak menaati prokes. Imbauan berupa arahan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Dalam beberapa kasus, Tim Satgas akan meminta pengunjung yang tidak membawa masker untuk keluar dari Lapangan Merdeka.

Setelah memberi arahan secara personal, Tim Satgas bergerak menuju lokasi kedua, yakni Taman Ahmad Yani.

Berbeda dengan Lapangan Merdeka, di lokasi kedua ini banyak masyarakat yang taat prokes dan sadar akan bahaya penularan Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Kasi Pembinaan dan Penyuluhan Satpol PP Kota Medan Irfan menjelaskan, kegiatan Tim Satgas saat ini hanya berupa imbauan.

“Kami tidak melakukan penindakan dan hanya melihat sejauh mana kepatuhan masyarakat dalam menaati prokes yang telah ditetapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Medan,” jelas Irfan.

Menurut Irfan, penting halnya untuk menyaksikan kepatuhan masyarakat dalam menjalankan prinsip 3M untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kota Medan.

Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved