Breaking News:

Dukung Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Pemkot Medan Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

Pemkot Medan bersama Polri mendukung dan bersinergi guna melakukan pengamanan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021.

DOK. Humas Pemkot Medan
Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 di Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Medan, Jalan HM Said Medan, Kecamatan Medan Timur, Senin (21/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Asisten Administrasi Umum Renward Parapat menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba 2020 di Markas Kepolisian Resor Kota Besar (Mapolrestabes) Medan, Jalan HM Said Medan, Kecamatan Medan Timur, Senin (21/12/2020).

Apel ini dilakukan dalam rangka memberikan pengamanan dan kenyamanan bagi masyarakat yang merayakan Hari Natal dan Tahun Baru 2021 pada kondisi pandemi Covid-19 di wilayah hukum Polrestabes Medan.

Usai mengikuti apel, Renward mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan siap mendukung dan bersinergi guna mengamanankan Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021.

Pria yang juga menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Pemerintahan Kota Medan ini berharap, Kota Medan senantiasa dalam suasana yang aman, nyaman, kondusif, dan terkendali.

"Pemkot Medan siap mendukung jalannya Operasi Lilin Toba 2020. Tujuan kami semua agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman selama perayaan Hari Natal dan Tahun Baru 2021," katanya.

Pada kesempatan ini, Renward mengimbau umat Kristiani melaksanakan ibadah Natal berpedoman pada Surat Edaran Kementerian Agama (Kemenag) No.23/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak berkerumun pada malam pergantian tahun guna mencegah diri dan orang lain dari kemungkinan terjadinya penularan Covid-19.

“Tujuannya adalah mencegah adanya klaster baru. Maka dari itu tetap patuhi protokol kesehatan (prokes)," pesannya seperti keterangan tertulisnya.

Adapun, apel gelar pasukan ini dipimpin Kapolrestabes Medan Riko Sunarko dan diikuti dari unsur Tentara Nasional Indonesia-Kepolisian Republik Indonesia, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang.

OPD tersebut, seperti Satuan Tugas Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Kesehatan, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

Lalu, penyematan pita merah oleh Kapolrestabes kepada tiga orang personil menjadi tanda dimulainya Operasi Lilin Toba 2020. 

Pada kesempatan ini, Riko mengungkapkan, apel gelar pasukan dilakukan sebagai bentuk persiapan akhir dalam rangka Operasi Lilin Toba 2020, meliputi sarana dan prasarana.

"Operasi Lilin Toba 2020 ini akan berlangsung selama 15 hari mulai 21 Desember hingga 4 Januari 2021,” ungkapnya membacakan amanat Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.

Untuk itu, dia meminta kepada seluruh personil hendaknya menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab, senantiasa berkoordinasi, serta melaksanakan pengamanan secara profesional dan humanis.

“Jadilah teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat," tuturnya.

Penulis: Inang Jalaludin Shofihara
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved