Breaking News:

Sumut Wajib Rapid Test Antigen

KKP Pelabuhan Medan Mulai Terapkan Syarat Rapid Test Antigen di Pelabuhan dan Bandara

Pihak KKP Kelas I akan melakukan antisipasi sebelum keberangkatan, namun apabila ada yang tidak memiliki maka akan dipulangkan.

Penulis: Victory Arrival Hutauruk | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
PELABUHAN Belawan yang berada di Kota Medan, Sumatera Utara. 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan akan memeriksa setiap warga yang masuk ke Sumut lewat jalur laut dan udara sesuai dengan persyaratan rapid test antigen dan PCR.

Hal ini dilakukan sejak Pemprov Sumut memberlakukan peraturan melampirkan bagi masyarakat yang akan memasuki daerahnya. 

Kabid Pengendalian Karantina dan Surveilam Epidemiologi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Medan, Rahmat Ramadhan Nasution menjelaskan, pihaknya akan mendata warga yang masuk baik di bandara Kualanamu maupun pelabuhan Belawan. 

Dikatakannya, pihaknya seperti biasa telah melakukan pendataan penumpang yang masuk namun kali ini berbeda dari rapid test anti body menjadi rapid test antigen.  

"Kita baru tadi dapat datanya. Nanti mau rapat lagi, karena setiap hari kan begitu biasanya rapid antibody, kali ini harus rapid antigen," tuturnya kepada tribunmedan.id, Senin (21/12/2020).

Rahmat menuturkan, untuk di pelabuhan dan bandara, pihaknya melakukan antisipasi sebelum keberangkatan, namun apabila ada yang tidak memiliki maka akan dipulangkan.

"Untuk dari pesawat yang direct langsung, penumpang dari Jakarta paling banyak untuk saat ini. Kalau tidak mempunyai surat rapid test berarti tidak bisa berangkat. Kita mengantisipasi sebelum keberangkatan baik di bandara maupun pelabuhan," katanya.

Untuk diketahui, pemerintah pusat telah mengganti aturan perjalanan baru, yang sebelumnya rapid test antibody menjadi test antigen mulai 18 Desember 2020.

Hal ini tertuang dalam Surat Gubernur Sumatera Utara bernomor 360/9626/2020 perihal persyaratan memiliki PCR atau Rapid Test Antigen Bagi Pelaku Perjalanan Dalam Negeri Masuk Wilayah Provinsi Sumatera Utara tanggal 18 Desember 2020.(vic/tribun-medan.com)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona.

Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Medan mengajak seluruh Tribuners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved