Jelang Mudik Nataru

Dishub Sidak Surat Rapid Test Antigen Penumpang Bus di Terminal Amplas Medan, 3 Orang Dipulangkan

"Beberapa ada yang membawa rapid tes. Sedangkan yang tidak membawa surat, kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh," ungkap Edi.

TRIBUN MEDAN / VICTORY
Petugas Dinas Perhubungan melakukan sidak surat rapid test antigen atau PCR terhadap penumpang di Terminal Amplas Medan, Selasa (22/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Menindaklanjuti surat edaran Pemprov Sumut, Dinas Perhubungan melakukan sidak hasil rapid test antigen atau PCR terhadap penumpang di Terminal Amplas Medan, Selasa (22/12/2020).

Para petugas Dishub tampak memasuki satu persatu bus yang masuk, dan mengecek satu persatu penumpang dan meminta menunjukkan surat rapid test atau PCR. 

Kepala Terminal Terpadu Amplas Medan, Edi M Manurung menyebutkan bahwa  pemeriksaan ini untuk setiap pelaku perjalanan baik yang masuk ke Sumut.

"Berdasarkan surat edaran dari Gubernur Sumut, kami juga melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan kelengkapan dokumen rapid tes para penumpang," katanya kepada tribunmedan.id.

Ia menyebutkan dari hasil pemeriksaan terhadap penumpang bus di Terminal Amplas, terdapat beberapa warga yang tidak dapat menunjukkan surat. 

"Beberapa ada yang membawa rapid tes. Sedangkan yang tidak membawa surat, kita lakukan pemeriksaan suhu tubuh," ungkap Edi.

Lebih lanjut, Edi menjelaskan telah menemukan tiga kasus penumpang dengan kondisi suhu tubuh tinggi dan dipulangkan.

"Tiga penumpang kita temukan dengan suhu tubuh tinggi. Ketiganya tidak kita perbolehkan berangkat dan mengarahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan," ungkapnya.

Terhadap penumpang suhu tubuh tinggi tersebut disarankan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan melalui rapid antigen atau tes usap sebelum melanjutkan perjalanan.

Sebelumnya, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengeluarkan surat edaran bernomor 360/9626/2020 tentang persyaratan memiliki PCR atau rapid test antigen bagi pelaku perjalanan dalam negeri. 

(vic/tribunmedan.com)

Sumber: Tribun Medan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved