Breaking News:

Tangani Dampak Pandemi Covid-19, Akhyar Minta Kadin Ikut Perbaiki Iklim Dunia Usaha

Akhyar Nasution berharap Kadin aktif dalam upaya perbaikan iklim dunia usaha di masa pandemi Covid-19 mengingat banyak orang kesulitan akibat PHK.

Dok. Humas Pemkot Medan
Musyawarah Kota (Muskota) ke-5 Kadin Kota Medan di Garuda Plaza Hotel, Jalan Sisingamangaraja, Nomor 18, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota, Senin (21/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com - Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution berharap, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Medan dapat berperan aktif dalam upaya memperbaiki iklim dunia usaha di masa pandemi Covid 19.

Menurut Akhyar, salah satu upaya tersebut bisa ditempuh melalui kolaborasi bersama berbagai sektor untuk mendukung kebangkitan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung pembangunan nasional.

Harapan ini disampaikan Akhyar saat membuka acara Musyawarah Kota (Muskota) ke-5 Kadin Medan di Garuda Plaza Hotel, Jalan Sisingamangaraja, Nomor 18, Kelurahan Masjid, Kecamatan Medan Kota, Senin (21/12/2020).

Dengan mengusung tema Memperkuat Peran Dunia Usaha yang Berdaya Saing untuk Kemajuan Kota Medan, acara tersebut secara resmi dibuka dengan pemukulan gong oleh Akhyar Nasution.

Dalam sambutannya, Akhyar Nasution mengatakan, di masa pandemi Covid 19 saat ini, banyak orang mengalami kesusahan akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) sehingga beralih profesi menjadi entrepreneur atau pengusaha.

"Namun, sebaiknya niat untuk beralih profesi harus jelas dan benar-benar atas keinginan sendiri, jangan karena terpaksa," ucap Akhyar seperti dalam keterangan tertulisnya.

Akhyar menilai, dunia perdagangan sendiri sangat cepat mengalami perubahan.

Dengan adanya perubahan tersebut, Akhyar mengaku sangat senang, sebab dalam beberapa waktu terakhir banyak start up anak muda yang muncul untuk menunjukkan jati diri mereka.

"Maka dari itu, saya berharap, kepada para pengurus Kadin Kota Medan yang baru nantinya dapat menciptakan pengusaha yang memiliki niat tulus untuk menjadi seorang pengusaha," harap Akhyar.

Sebelumnya, Ketua Caretaker atau pengurus Kadin Medan M Santri Azhar Sinaga mengungkapkan, kehadiran caretaker Kadin Kota Medan sudah berjalan selama dua tahun.

"Untuk itu, digelarnya musyawarah ini bertujuan agar kepengurusan Kadin Kota Medan definitif karena selama ini hanya caretaker, sehingga nantinya ada penetapan ketua Kadin Kota Medan yang baru," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Azhar pun berharap, musyawarah ini dapat berjalan lancar meskipun yang mendaftar hanya satu orang.

"Meskipun demikian, para peserta tetap kami hadirkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, pemilihan ketua harus tetap dilaksanakan walaupun calon tunggal," harapnya.

Senada dengan Santri, Ketua Kadin Sumatra Utara (Sumut) Ivan Iskandar Batubara berharap, dalam Muskota ini, ahir Ketua Kadin Medan yang dapat menyinkronkan program dengan pemerintah terkait Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Oleh karenanya, mari bersama-sama membangun daerah," ajaknya.

Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved