Breaking News:

Penanganan Covid

Pelindo 1 Jamin Kenyamanan Penumpang dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Pelindo 1 mengelola 10 (sepuluh) terminal penumpang di Sumatera Utara, Riau, dan Kepri, yang melayani hingga 5,4 juta penumpang setiap tahunnya.

Penulis: Natalin Sinaga | Editor: Truly Okto Hasudungan Purba
TRIBUN MEDAN/HO
PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di 10 terminal penumpang. 

TRIBUN-MEDAN.COM, MEDAN - Mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang yang diprediksi akan naik pada rangkaian libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 dibanding bulan sebelumnya, PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 telah melakukan persiapan di berbagai aspek.

Mulai dari penyediaan sarana dan fasilitas, sistem koordinasi dan monitoring, serta sarana pendukung dan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Virus Covid-19 di 10 terminal penumpang yang dikelola oleh Pelindo 1. 

"Kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada segenap pengguna jasa kepelabuhanan Pelindo 1. Kami juga tak bosan mengajak masyarakat, khususnya para calon penumpang untuk terus menegakkan protokol kesehatan dengan disiplin menerapkan social distancing, menggunakan masker, rajin mencuci tangan, sesuai dengan program pemerintah dalam upaya penanggulangan Covid-19 dengan aman, iman, dan imun. Kami berharap perjalanan anda aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1, Ridwan Sani Siregar. 

Sebagai penyedia jasa kepelabuhanan di Sumatera bagian Utara, Pelindo 1 mengelola 10 (sepuluh) terminal penumpang di Sumatera Utara, Riau, dan Kepri, yang melayani hingga 5,4 juta penumpang setiap tahunnya, dengan lima di antaranya melayani rute penumpang internasional.

Kesepuluh terminal penumpang tersebut adalah Terminal Penumpang Bandar Deli di Belawan, Terminal Penumpang Gunungsitoli di Pulau Nias, Terminal Penumpang Teluk Nibung di Tanjung Balai Asahan, Terminal Penumpang Sibolga, Terminal Penumpang Dumai, Terminal Penumpang Sri Bintan Pura dan Terminal Penumpang Sei Kolak Kijang di Tanjungpinang, Terminal Penumpang Tanjung Balai Karimun, Terminal Penumpang Selat Panjang di Kepulauan Meranti, dan Terminal Penumpang Tembilahan.

Ridwan Sani menjelaskan, guna menjamin kenyamanan perjalanan penumpang, Terminal Penumpang yang dikelola oleh Pelindo 1 telah dilengkapi berbagai sarana dan fasilitas berstandar internasional seperti garbarata, check-in counter, auto gate, waiting room VIP, waiting room ekonomi, sky bridge, dan tempat parkir.

Selain itu, disediakan pula berbagai sarana dan fasilitas pendukung, seperti ruang bermain, ruang ibadah, ruang laktasi, ruang merokok, kafetaria, hingga convenience store. 

Untuk mendukung penerapan protokol kesehatan dan antisipasi penyebaran virus Covid-19, Pelindo 1 telah menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas pendukung, seperti thermal gun/scanner, hand sanitizer dan fasilitas cuci tangan, disinfektasi rutin terminal penumpang, penerapan physical distancing, penyediaan APD khusus untuk petugas operasional.

Kemudian sosialisasi terus-menerus kepada penumpang melalui berbagai channel, baik melalui flyer, spanduk, banner/poster maupun media sosial. 

"Kami mengimbau kepada  setiap calon penumpang agar mengikuti syarat dan ketentuan dari pemerintah tentang aturan protokol kesehatan khususnya untuk perjalanan angkutan laut," kata Ridwan Sani.(nat/tribun-medan.com)

Catatan Redaksi: Bersama-kita lawan virus corona.

Mari cegah dan perangi persebaran Covid-19. Tribun Medan mengajak seluruh Tribuners untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga jarak

Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved