Breaking News:

Dosen UMN Al-Washliyah Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Belajar Daring Di SD Negeri Ajibaho

Tim pengabdian yang di ketua oleh Rosmilan Pulungan, S.Pd.,M.Pd dengan anggota Murni Dahlena, melaksanakan sosialisasi penggunaan  Google Classroom

Tribun Medan/HO
Dosen UMN saat sosialisai ke sekolah SD NEGERI 101809 AJIBAHO dengan judul Penggnaan Aplikasi Belajar “Edmodo” pada masa pandemi (Sabtu, 12 Desember 2020) 

Tribun-Medan.com, Medan - Tim pengabdian yang di ketua oleh Rosmilan Pulungan, S.Pd.,M.Pd dengan anggota Murni Dahlena, melaksanakan sosialisasi penggunaan  Google Classroom untuk mendukung proses pembelajaran di Era New Normal di Sekolah Dasar Negeri 101809 Ajibaho, kecamatan Sibiru-biru Kabupaten Deli Serdang.  Kepala sekolah dan guru-guru beserta pegawai TU hadir sebagai peserta pengabdian. (Sabtu, 12 Desember 2020)

Pada masa pandemic dengan diberlakukannya sistem pembelajaran daring, menuntut guru untuk kreatif melakukan proses belajar mengajar dengan menggunakan aplikasi belajar yang mudah untuk digunakan guru dan siswa, agar tujuan dari pelajaran tetap tercapai.

Aplikasi belajar Google Classroom merupakan aplikasi yang mudah di gunakan untuk guru maupun siswa. Bagi guru dengan menggunakan aplikasi Google Classroom , guru bisa memberikan materi baik dalam  rekaman suara, video juga berupa teks.

Dengan penyampaian materi yang bisa dilakukan dalam bentuk rekaman suara, video, gambar dan  teks dapat membuat siswa merasa seperti pembelajaran  tatap muka dan juga siswa mudah untuk memahami materi yang diberikan guru.

Hal ini juga berlaku sama dengan  siswa, siswa bisa menyerahkan tgas yang diberikan guru bisa berupa rekaman suara, video dan juga berbentuk gambar atau teks.

Aplikasi Google Classroom merupakan pilihan aplikasi yang di ttepat digunakan untuk guru sekolah dasar dan juga siswa sekolah dasar. Aplikasi Google Classroom  tetap bisa mendisiplinkan siswa dalam proses penyerahan tugas, karena guru bisa menentukan hari dan tanggal juga waktu kapan tugas diserahkan, dengan begitu siswa tetap bisa disiplin waktu dalam mengerjakan tugas yang diberikan.

Dengan adanaya kegiatan pengabdian masyarakat ini yang merupakan fungsi dari Tri Darma Perguruan Tinggi sebagai tugas dosen, diharapkan kedepannya kepada guru Sekolah Dasar Negeri 101809 Ajibaho dapat menerapkan menggunakan aplikasi belajar Google Classroom di Era New Normal.

Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Belajar Edmodo Di SD Negeri No 101809 Ajibaho

Tim pengabdian yang di ketuai oleh Lisa Septia Dewi Br.Ginting, S.Pd.,M.Pd dan beranggotakan Umar Darwis, SE.,M.Pd, melaksanakan sosialisai ke sekolah SD NEGERI 101809 AJIBAHO dengan judul Penggnaan Aplikasi Belajar “Edmodo” pada masa pandemi. Sosialisasi ini di hadiri oleh kepala sekolah beserta pegawai TU dan juga guru-guru sebagai peserta pengabdian.

Aplikasi pembelajaran yang dominan dilakukan hanya menggunakan Whatssap saja oleh kebanyakan guru saat proses belajar mengajar daring saat ini. Aplikasi pembelajaran Edmodo adalah aplikasi pembelajaran yang sangat mudah digunakan saat daring. Aplikasi pembelajaran Edmodo adalah aplikasi pembelajaran yang tepat digunakan untuk anak tingkat sekolah dasar.

Kelebihan aplikasi Edmodo untuk tingkat sekolah dasar adalah, aplikasi Edmodo ini pastinya bisa digunakan oleh guru dan juga siswa pastinya, namun juga orang tua peserta didik bisa mengetahui dan mematau anak mereka apakah sudah mengerjakan tugas dan mendapatkan nilai berapa. Kelebihan lainnya dari aplikasi Edmodo ini adalah guru juga bisa membuat soal baik bentuk essay test atau pilihan berganda serta menentukan waktu pengerjaan kepada siswa.

Dengan menggunakan aplikasi Edmodo saat pembelajaran daring, mempermudah guru dalam proses menyampaikan materi pembelajaran dan juga untuk mencapai target dati tujuan pelajaran yang mau di capai, juga menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik antara guru dengan siswa, dan guru dengan orang tua peserta didik. Sejatinya aplikasi hadir untuk mempermudah, bila di awal penggunaan aplikasi belajar terdapat kesulitan adalah hal yang wajar, namun bila tetap konsisten belajar, baik guru, siswa dan orang tua maka akan mudah.

Diharapkan dengan adanya pengabdian masyarakat ini berupa kegiatan  sosialisasi di SD NEGERI 101809 AJIBAHO guru nantinya dapat menerapkan menggunkan aplikasi belajar Edmodo saat proses pembelajaran daring.

Editor: Ismail
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved