Breaking News:

Temukan Produk Kedaluwarsa di Pusat Perbelanjaan, Tim Satgas Ketapang Medan Beri Teguran

Tim Satgas Ketapang Kota Medan menemukan beberapa produk kedaluwarsa dan mencurigakan di salah satu pusat perbelanjaan, Rabu (23/12/2020).

Dok. Humas Pemkot Medan
Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan Kota Medan saat melakukan sidak di pusat perbelanjaan, di Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (28/12/2020). 

TRIBUN-MEDAN.com – Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan (Ketapang) Kota Medan menemukan sejumlah makanan  kedaluwarsa dan yang tidak layak konsumsi terpajang di etalase salah satu pusat perbelanjaan Jalan Jawa, Medan.

Temuan ini diperoleh Tim Satgas saat melakukan peninjauan harga bahan pokok di beberapa tempat pusat perbelanjaan dan pasar tradisional serta pusat grosir, Rabu (23/12/2020) pagi.

Adapun jenis produk yang telah kedaluwarsa tersebut di antaranya adalah daging ayam dan sapi olahan serta kaldu instan bubuk.

Terdapat pula produk tidak layak konsumsi, yakni produk kacang mede kemasan yang telah berjamur, berkutu, dan berubah warna.

Selain itu, Tim Satgas juga menemukan beberapa daging sapi beku dalam kemasan yang dicurigai sudah tidak layak konsumsi.

Semua produk kedaluwarsa tersebut selanjutnya akan diserahkan kepada Petugas Unit Ekonomi Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Medan untuk dimusnahkan.

Untuk produk yang masih dicurigai, Tim Satgas mengambil beberapa sampel untuk selanjutnya masuk uji laboratorium Dinas Ketapang dan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Medan.

Menanggapi temuan ini, Kepala Dinas (Kadis) Ketapang Kota Medan Emilia Lubis menegur pihak manajemen Lotte Mart atas kelalaiannya yang bisa merugikan konsumen.

Emilia berharap, dengan adanya tindakan pembinaan berupa penyitaan barang bukti produk kadaluarsa, pihak manajemen Lotte Mart Mall Centre Point menjadi jera.

"Tim Satgas Ketahanan Pangan Kota Medan akan terus mengawasi jika ada yang melanggar aturan seperti ini. Dampaknya sangat besar terhadap konsumen,” terangnya.

Halaman
123
Penulis: AMALIA PURNAMA SARI
Editor: AMALIA PURNAMA SARI
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved